24 C
id

Banjir Batang Horou Nagari Tarantang Sudah Surut, IPEMI Payakumbuh Distribusikan Bantuan Makanan Untuk Warga Dusun Guguak Yang Sempat Terisolasi

Pengurus Daerah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Payakumbuh memberi bantuan makanan untuk warga dusun Guguak jorong Tarantang, nagari Tarantang, kecamatan Harau pada Senin sore, (13/5/2024). 

Limapuluh Kota, MataJurnalist.Com, - Atas kesadaran kolektif untuk solidaritas kemanusiaan, Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Payakumbuh menyalurkan bantuan makanan untuk warga dusun Guguak, jorong Tarantang, nagari Tarantang, kecamatan Harau, kabupaten Limapuluh Kota pada Senin sore, 13 Mei 2024.

Atas informasi dari Epiwarman salah seorang warga dusun Guguak, PD IPEMI Payakumbuh bergerak cepat, tidak sampai 1 jam terkumpul sumbangan sebanyak 25 paket makanan, kemudian segera disalurkan untuk membantu warga yang kekurangan bahan makanan karena tidak bisa keluar berbelanja menyeberang sungai Batang Horou, dusun mereka terisolasi terkurung air besar, jembatan penyeberangan terendam luapan air sungai.

"Sejak pukul 2 tadi malam kami terkurung, sampai siang ini banyak diantara kami yang belum makan, karena akses keluar terhalang untuk membeli makanan" ungkap Epiwarman melalui Humas IPEMI PD Payakumbuh Ciecie Kenzie.

Ketua PD IPEMI Payakumbuh Hj. Erillia Bonita Yos, S.E bersama anggota mendistribusikan bantuan makanan untuk warga dusun Guguak nagari Tarantang pada Senin sore (13/5/2024). 

Andi (38 th) warga setempat membenarkan, "ada 6 rumah yang terendam parah ketika itu, air masuk setinggi lutut ke rumah mereka sedangkan rumah-rumah yang lainnya tidak apa-apa, hanya saja warga disana tidak bisa apa-apa, terkurung air besar, tidak bisa keluar dari Guguak untuk membeli bahan makanan" katanya.

Dari pengamatan awak media di lokasi bencana, dusun Guguak tersebut terletak di seberang sungai Batang Horou dibawah kaki bukit Koto, dengan jumlah penduduk sekitar 30 KK yang mendiami 21 unit rumah. 6 diantaranya terendam banjir agak parah dari rumah-rumah yang lainnya. Akses keluar dari dusun Guguak terhalang karena besar dan derasnya air sungai hingga jembatan penyeberangan terendam air. Sungai Batang Horou adalah gabungan dari sungai yang mengalir dari nagari Harau dan dari nagari Solok Bio-bio mengalir melewati nagari Sarilamak terus ke nagari Batu Balang kecamatan Harau. Dusun Guguak berbatasan dengan Sawah Laweh jorong Sarilamak nagari Sarilamak. 

Setelah berbelanja bahan makanan, setelah Ashar 9 orang pengurus PD IPEMI Payakumbuh yang diketuai oleh ibu Hj. Erillia Bonita Yos, S.E baru bisa berangkat ke dusun Guguak bersama anggota lainnya. Ikut hadir ketika itu ibu Ciecie Kenzie sebagai Humas, ibu Desni, Ega, Rina, Eni, Reni, Desi dan ibu Lusi. Beruntung  ketika itu air sungai sudah surut, jembatan penyeberangan sudah bisa dilalui sehingga mudah mendistribusikan bantuan.

Kondisi Sungai sawah-sawah menjelang Batang Horou pada Senin sore (13/5/2024)

Kondisi jembatan penyeberangan Batang Horou ke Dusun Guguak pada Senin Sore (13/5/2024).

Ketua IPEMI PD Payakumbuh Hj. Erillia Bonita Yos, S.E melalui Humas Ciecie Kenzie kepada awak media menyampaikan "Tadi kita ditelpon oleh kenalan kita warga di sini yaitu bapak Epiwarman, beliau mengabarkan kondisi warga di dusun Guguak yang sejak pukul 2.00 Wib. tadi malam terkepung banjir luapan air sungai Batang Horou, tidak bisa berbelanja membeli bahan makanan, rumah, kasur, lantai, di beberapa rumah basah, parah, kami tidak bisa tidur, sampai siang tadi belum dapat bantuan apa-apa. Maka karena itu secara kemanusiaan kita tersentuh dan mengumpulkan dana untuk memberi bantuan" ungkapnya.

"Semoga sedikit bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di dusun Guguak, jangan dilihat berapa jumlahnya, namun inilah wujud solidaritas kita untuk sesama manusia" tukuk Ciecie Kenzie yang juga aktif sebagai ketua DPD Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota) itu.

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) adalah organisasi massa yang mandiri, universal, dan bebas berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membela kepentingan dan hak masyarakat dengan orientasi membangun masyarakat sipil yang kuat.

Pengurus PD IPEMI Payakumbuh bersama Epiwarman salah seorang warga dusun Guguak setelah mendistribusikan bantuan makanan pada Senin sore (13/5/2024) 

Sebagaimana Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, sejumlah nagari di kabupaten Limapuluh Kota dilanda banjir pada Ahad malam, 12 Mei 2024. Diantaranya ada beberapa wilayah yang terdampak seperti nagari Tarantang, Harau, nagari Taram, jorong Ayia Putiah di nagari Sarilamak kecamatan Harau, dan di kecamatan Suliki (mudiak). Terdapat pula longsor beberapa ruas jalan di nagari Sarilamak kecamatan Harau sampai ke Koto Alam kecamatan Pangkalan. Dari informasi yang dikumpulkan dari warga, di nagari Tarantang ada 6 dusun yang paling parah terdampak banjir ini.

Sementara itu wali nagari Tarantang Sudahri, SE, MM tidak berhasil ditemui awak media di kediamannya di Tarantang, karena sudah kelelahan sibuk berkeliling memantau lingkungan akibat banjir. Melalui pesan WA Sudahri mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan dan menambah informasi bahwa masih ada dusun lainnya yang lebih parah di nagari Tarantang yaitu Padang Beringin.

Pewarta: F. Malin Parmato

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -