24 C
id

Bawaslu Laksanakan Tes Tertulis Calon Anggota Panwaslu Kecamatan Untuk Pilkada 2024.

Bukittinggi, Matajurnalist.com _ Bawaslu Bukittinggi laksanakan tes tertulis calon anggota panwaslu kecamatan untuk Pilkada 2024, kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bukittinggi pada Selasa (14/5/2024).

Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzi Haryadi, "Seleksi tertulis calon anggota panwaslu kecamatan ini dilakukan melalui tes CAT yang diikuti oleh 23 calon anggota yang telah lulus seleksi administrasi," jelas Ruzi. 

Pendaftar yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan dalam satu hari ini, Selasa 14 Mei 2024, yang dibagi menjadi dua sesi.

Ujian tertulis diikuti oleh 23 peserta yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Mereka berasal dari tiga kecamatan, Mandiangin Koto Selayan (MKS), Guguak Panjang, dan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB). Tes dimulai pagi hari dengan dua sesi, yakni ujian CAT tertulis dan ujian esai, yang berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Rekrutmen ini bertujuan untuk mengisi kekosongan satu posisi panwascam di setiap kecamatan, setelah dilakukan evaluasi terhadap panwascam yang bertugas pada pemilu 2024 sebelumnya. Dari hasil evaluasi, masing-masing kecamatan memiliki dua orang panwascam yang dinilai lolos, sehingga diperlukan satu tambahan panwascam per kecamatan.

"Dari hasil rekrutmen ini nanti akan diterima dua orang per kecamatan untuk mengikuti tes wawancara," tambah Ruzi. 

"Dalam seleksi ini, nantinya setiap kecamatan akan memiliki tiga orang panwascam yang bertugas dalam pengawasan pemilu pilkada 2024, meliputi pemilihan gubernur, wakil gubernur, wali kota, dan wakil wali kota Bukittinggi."

Setelah seleksi tertulis, peserta yang lolos akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 18-20 Mei, dengan pengumuman hasil pada 24 atau 25 Mei 2024. Pelantikan calon panwascam terpilih dijadwalkan pada 24 Mei atau 25 Mei 2024 mendatang, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -