24 C
id

Sempat Putus Total, Jalur Lalu Lintas Sarilamak menuju Pangkalan kembali Normal


Limapuluh Kota, MataJurnalist.Com - "Sempat putus total selama enam jam, sejak pukul 03.00 Wib. subuh Senin, 13 Mei 2024 jalur Sarilamak ke Pakanbaru sudah bisa dilalui kembali" demikian laporan dari Serda Nuryanto Babinsa nagari Harau Koramil 05 Harau dan  Babinsa nagari Koto Alam Koramil 02 Pangkalan melalui rilis videonya di Kodim 0306/50 Kota pada subuh Senin (13/5/2024).

Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, sejumlah nagari di kabupaten Limapuluh Kota dilanda banjir Ahad malam, 12 Mei 2024. Ada beberapa wilayah yang terdampak seperti nagari Tarantang, Harau, dan Taram dan jorong Ayia Putiah di nagari Sarilamak kecamatan Harau, dan di kecamatan Suliki (mudiak). Terdapat pula beberapa ruas jalan di nagari Sarilamak kecamatan Harau sampai ke Koto Alam kecamatan Pangkalan longsor sejak pukul 20.30 Wib. Ahad malam itu. Demikian sesuai dengan laporan Kanit Turjawali Satlantas Polres Limapuluh Kota Aiptu Nasril.

Dilaporkan titik longsor terdapat di 3 titik seperti wilayah Kudo Putiah nagari Koto Alam, kemudian berada beberapa ratus meter di bawah jembatan Flyover Kelok 9 dekat Lubuak Bangku, jorong Ayia Putiah, nagari Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Material longsor menutupi badan jalan sehingga arus lalu lintas dari arah Pekanbaru maupun dari arah Limapuluh Kota tidak bisa dilewati.

Sejak logsor itu terjadi, kendaraan masyarakat maupun pengangkat sembako dari Sumbar tidak bisa melintas. Sejumlah pickup L300 dengan muatan tebu, dini hari nampak parkir di SPBU Sarilamak menunggu keadaan kembali stabil.

Ketika itu petugas Satlantas Polres Limapuluh Kota segera berkoordinasi dengan instansi terkait membersihkan material longsor tersebut.

Hingga pukul 03.00 WIB, Senin (13/5/2024), pembersihan material longsor di beberapa titik jalan yang terdampak masih dilakukan dengan alat berat dibantu personel Polres, Kodim dan BPBD namun kendaraan sudah bisa lewat dengan sistem buka tutup.

Hingga berita ini dilaporkan pukul 14.00 Wib. Senin, 13 Mei 2024 arus lalu-lintas di jalur Sarilamak - Pangkalan nampak lancar.

Pewarta: F. Malin Parmato

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -