24 C
id

Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi, Lontaran Abu Vulkanik Mencapai Dua Kilometer.


Bukittinggi Matajurnalist.com_Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi, peristiwa ini terlihat jelas dari berbagai daerah di provinsi setempat, termasuk Kota Bukittinggi, dengan lontaran abu vulkanik mencapai dua kilometer.

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi pada pukul 13.04 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak atau 4.891 meter di atas permukaan laut," kata Petugas Gunung Api, Ahmad Rifandi, di Bukittinggi, Kamis (30/5/2024) siang.

Gunung Marapi saat ini berstatus Level III atau Siaga.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sementara 2 menit 2 detik.
"Gunung Marapi berada pada status Level III dengan rekomendasi masyarakat tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah Verbeek)," ujarnya.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi, terutama saat musim hujan.

Sementara itu, suara dentuman erupsi Gunung Marapi membuat warga di Kabupaten Agam berhamburan keluar rumah. Ketakutan dan kepanikan melanda banyak penduduk yang khawatir akan dampak lebih lanjut dari erupsi ini.

Dalam situasi ini, pihak berwenang terus memantau aktivitas gunung dan memberikan informasi terbaru kepada masyarakat untuk memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -