24 C
id

Kunjungan SMK Tunku Ampuan Durah ke SMA Negeri 2 Bukittinggi, Mempererat Ukhuwah Islamiah dan Pertukaran Pendidikan.


Bukittinggi Matajurnalist.com_Sebanyak 49 orang rombongan dari Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Tunku Ampuan Durah, Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia, pada hari Senin (27/5/2024) berkunjung ke SMA Negeri 2 Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

Rombongan ini dipimpin oleh Penolong Kanan SMK Tunku Ampuan Durah, Tuan Haji Magrib bin A Rahman, didampingi oleh Pengetua PIBG, Tuan Haji Hamdan Bin Othman. 

Tujuan kunjungan ini adalah untuk mempererat ukhuwah islamiah serta memahami dan mempelajari proses pendidikan dan pengajaran antara kedua sekolah.
Dalam sambutannya, Tuan Haji Magrib bin A Rahman menyampaikan, "Hal yang paling menarik dan berkesan dalam kunjungan ini adalah seluruh rombongan mengikuti kegiatan upacara bendera yang diadakan di SMA Negeri 2 Bukittinggi setiap Senin pagi. Kami terpana dengan pengaturan yang sangat luar biasa dari pihak sekolah yang mampu mengkondisikan para siswa bertugas sesuai dengan tugas yang telah ditentukan."

Lanjutnya "Kami juga takjub dengan masyarakat Bukittinggi, saat bendera dinaikkan dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan, orang-orang yang mengendarai mobil dan motor berhenti untuk menyaksikan bendera merah putih dinaikkan. Rasa patriotik bangsa Indonesia ini sungguh luar biasa." Ucapnya.

Ia juga menekankan pentingnya hubungan antara kedua negara yang serumpun, mengingat banyak rakyat Malaysia yang merupakan keturunan Minangkabau. "Kedatangan kali ini juga merupakan nostalgia mengingat tanah kelahiran kakek moyang mereka," tambahnya.
Setelah upacara yang dipimpin oleh Pembina Upacara Willia Zuwerni, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sumbar 1, selesai, seluruh rombongan memasuki Aula Pertemuan SMA Negeri 2 Bukittinggi. 

Mereka disambut oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bukittinggi, Murnita, beserta jajarannya. Kedua sekolah saling mempresentasikan keunggulan masing-masing yang diselingi dengan hiburan kesenian yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Bukittinggi.

Willia Zuwerni dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan tersebut dan berharap dapat melakukan kunjungan balasan ke SMK Tunku Ampuan Durah, Negeri Sembilan, Malaysia, demi makin eratnya hubungan ukhuwah islamiah kedua sekolah. 

Sejalan dengan itu, Kepala Sekolah Murnita menambahkan agar kunjungan ini dijadikan motivasi bagi guru dan siswa SMA Negeri 2 Bukittinggi untuk mampu meningkatkan kualitas pendidikan.

Perjalanan rombongan SMK Tunku Ampuan Durah ke Bukittinggi diuruskan dari Malaysia oleh Tuan Haji Mohamed Anuar bin Yusof bekerja sama dengan Pesona Jejak Wisata Tours and Travel yang berkantor di kota wisata Bukittinggi. 
Perjalanan SMK Tunku Ampuan Durah dipandu oleh Muhamad Subari, Pemandu Wisata dan Anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), yang telah lama menggeluti bidang kepemanduan dan sangat memahami hubungan antara Minangkabau dan Negeri Sembilan, Malaysia.

Subari berharap kunjungan-kunjungan wisatawan yang rutin ke Minangkabau, Sumatera Barat, dapat memberi manfaat bagi kemajuan dunia pariwisata dan masyarakat Minangkabau. 

"Diharapkan pemandu wisata selalu menginformasikan tentang destinasi-destinasi baru yang layak dikunjungi bagi wisatawan Malaysia," pungkasnya.

Pewarta : Sutan Mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -