24 C
id

SMKF YIB Bukittinggi Lulus 100 Persen, 3 Diantara Mereka Memperoleh Prediket Terbaik.




Bukittinggi, Matajurnalist.com_Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Yayasan Imam Bonjol (YIB) Bukittinggi mencapai prestasi gemilang dengan kelulusan 100 persen. Kepala sekolah, Yurnetti, menyampaikan hal ini saat memberikan laporan pendidikan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah lulusan di Balai Sidang Bung Hatta Triple Tree Bukittinggi pada hari Rabu, 29 Mei 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Adi Irwan Azhari,  Walikota Bukittinggi yang diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ade Mulyani, Bupati Agam Andri Warman.

Juga hadir  Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat yang di wakili oleh Kacabdin  Wilayah 1 Sumatera Barat, Willia Zuwerni, Kepala dinas Pendidikan Kabuapten Agam, Taslim, Koordinator Pengawas SMA/SMK cabang wilayah I Maswir, para alumni dari Angkata Pertama,  dan juga pengurus PAFI Bukittinggi, serta para undangan dan orang tua siswa lulusan angkatan ke-59.

Kepala Sekolah Yurnetti dalam sambutan menyampaikan, "Pelantikan dan pengambilan sumpah lulusan SMK Farmasi Yayasan Imam Bonjol kali ini merupakan angkatan ke-59, dengan jumlah lulusan yang dilantik dan diambil sumpahnya sebanyak 168 orang, terdiri dari 17 laki-laki dan 151 perempuan."

Berdasarkan Nilai Sumatif Satuan Pendidikan dan Uji Kompetensi Keahlian Tahun Ajaran 2023/2024, seluruh peserta ujian yang berjumlah 168 orang dinyatakan lulus. "Dari seluruh rangkaian ujian tersebut, siswa SMKF YIB Bukittinggi dinyatakan lulus 100 persen," tambah Yurnetti.

Di antara lulusan tersebut, tiga siswa meraih predikat terbaik. Lulusan terbaik pertama diraih oleh Maulani Ismi dengan nilai rata-rata 94,85, diikuti oleh Dwirama Oktaria dengan nilai rata-rata 94,80, dan Asyfa Az Zahra dengan nilai rata-rata 94,79.

Yurnetti juga menyampaikan bahwa para lulusan telah menyelesaikan Pembelajaran Berbasis Kompetensi (PBM) selama tiga tahun, mengikuti ujian sekolah, dan Ujian Kompetensi Keahlian. Beberapa lulusan sudah ada yang bekerja di klinik dan apotek, bahkan sebelum resmi lulus. Selain itu, ada yang diterima di perguruan tinggi baik di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat.

"Kompetensi mereka tidak diragukan lagi di dunia kerja. Kebahagiaan ini bukan hanya milik para lulusan, tetapi juga pengelola pendidikan, majelis guru, dan orang tua siswa," ujarnya.

Prestasi ini, lanjut Yurnetti, tidak terlepas dari kerja sama yang baik dari seluruh warga sekolah serta dukungan penuh dari yayasan. SMK Farmasi YIB Bukittinggi berhasil mempertahankan akreditasi A sejak tahun 2013 dan masih berlaku hingga 2028.

Dalam sambutannya, Yurnetti juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Bukittinggi dan stakeholder lainnya yang telah membantu pengembangan pendidikan dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SMK Farmasi Imam Bonjol Bukittinggi.

Yurnetti menambahkan bahwa bagi lulusan yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, hasil UTBK akan diumumkan pada 13 Juni mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak alumni yang diterima di perguruan tinggi baik di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat. Namun, bagi yang tidak melanjutkan, para lulusan telah dibekali keterampilan untuk membuka lapangan kerja sendiri, sehingga tidak ada yang menganggur.

Dengan prestasi yang dicapai, SMK Farmasi YIB Bukittinggi terus menunjukkan komitmen dalam mencetak lulusan berkualitas yang siap bersaing di dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ungkap Yurnetti.

Pada kesempatan pelantikan dan pengambilan sumpah kelulusan, Ketua Yayasan Adi Irwan Azhari memberikan pidato yang menginspirasi. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan atas pencapaian mereka yang gemilang. Ketua Yayasan Adi Irwan Azhari menegaskan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara berbagai pihak terkait, termasuk kontribusi signifikan dari para stakeholder.

Dalam sambutan, Adi Irwan Azhari juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada Walikota Bukittinggi dan Bupati Agam atas dukungan yang telah diberikan. Ia menekankan pentingnya peran serta pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pendidikan dan perkembangan para siswa.

Ketua Yayasan Adi Irwan Azhari memberikan pesan khusus kepada para lulusan untuk terus melanjutkan perjalanan pendidikan mereka. juga Ia mendorong para lulusan untuk tidak berhenti menuntut ilmu dan mengejar pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Pesan ini ditujukan untuk menumbuhkan semangat belajar yang terus menerus dan untuk memotivasi para lulusan agar selalu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mereka.

Selain itu, Adi Irwan Azhari juga mengakui bahwa banyak dari para lulusan sudah memasuki dunia kerja. Hal ini memberikan dorongan agar mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama masa studi mereka dengan baik di tempat kerja. Ketua Yayasan berharap para lulusan dapat menjadi profesional yang handal dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan negara.

Dengan semangat dan harapan yang besar, Ketua Yayasan Adi Irwan Azhari mengakhiri pidatonya dengan mendoakan kesuksesan bagi semua lulusan dalam perjalanan hidup mereka yang baru. Harapan kami agar para lulusan senantiasa membawa nama baik almamater mereka dan terus berprestasi di berbagai bidang yang mereka tekuni.
Ujar ketua Yayasan Adi Irwan Azhari,

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat yang diwakili oleh Kacabdin Wilayah 1 Sumatera Barat, Willia Zuwerni, menyampaikan bahwa sinergi adalah kekuatan kita.

"Anak-anak adalah aset bagi kita. Mereka memiliki potensi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau memilih berwirausaha," kata Willia Zuwerni.

Selama tiga tahun anak-anak kami telah mendapatkan  bimbingan pembelajaran dan pelatihan, "Jadikanlah bimbingan dan pelatihan tersebut sebagai bekal awal bagi ananda untuk melangkah lebih maju lagi ke depannya," pungkas Willia Zuwerni. ***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -