24 C
id

Sukses Gelar Rembuk Pemuda Tani se-Sumatera Barat dan Tanam Jagung Bersama, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Apresiasi Pemuda Tani Indonesia

Rembuk pemuda tani Sumatera Barat dan tanam jagung bersama di areal tanam Baru Gempita Sumatera Barat di Jorong Lubuk Limpato Nagari Tarantang Kecamatan Harau pada Sabtu (11/5/2024).

Limapuluh Kota, MataJurnalist.Com - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman apresiasi kegiatan Rembuk pemuda tani Sumatera Barat dan tanam jagung bersama di areal tanam Baru Gempita Sumatera Barat, bertempat di Jorong Lubuk Limpato Nagari Tarantang Kecamatan Harau pada Sabtu (11/5/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema, "Peran Petani Milenial Perluasan Areal Tanam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional". Dimana selaku penyelenggara adalah Gerakan Pemuda Tani Indonesia Sumatera Barat yang diketuai oleh Korwil Sumbar bapak Nurkholis SH. 

Turut hadir dalam kegiatan Rembuk pemuda tani Sumatera Barat dan tanam jagung bersama tersebut Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor Inf Edi Arman, Kapolres 50 Kota diwakili Ipda Yonnedi, Ketua DPRD Kabupaten 50 Kota Deni Asra, Koordinator Nasional Gempita Ir Muhammad Yasir, Pusdik Pertanian BPPSDMP Kementan Willy, Kepala Direktorat Pembiayaan Kementan Rizki, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian BSIP Ibu Indah, Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Padang Mengatas Ir. Dani Kusworo, Kepala Balai Pertanian Kementan Jambi Sugeng, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota Witra Porsepwandi, S.Pi dan Kepala Dinas Perikanan Siswanto.

Nurkholis SH, Korwil Gerakan Pemuda Tani Indonesia Sumatera Barat dalam penyampaiannya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana kita mengajak saudara kita para pemuda untuk bergerak dibidang pertanian dan dapat untuk bekerja sama dengan pihak terkait.

Dimana pertanian kita butuh keterlibatan pemuda untuk menuju era emas karena kedepannya kita mengunakan tekhnologi dalam pertanian dan butuh kreatifitas tidak terkecuali dari para pemuda milenial.

Pemuda harus menjadi sejarah dalan pertanian Indonesia sehingga menjadikan petani sejahtera dan dapat memodernisasi pertanian, juga memperbaiki pemasaran dibidang pertanian, ucapnya. 

Sementara itu Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman dalam keterangannya selepas kegiatan menuturkan "Gerakan Pemuda Tani Indonesia GEMPITA yang dibentuk oleh Kementan bertujuan untuk menggerakan pemuda agar ikut terlibat menjaga ketahanan negara melalui pertanian dengan mewujudkan ketahanan pangan."


Memproduktifkan lahan tidur dan menggarap lahan pertanian sehingga menghasilkan berbagai komoditi pertanian juga mensukseskan program pemerintah untuk Perluasan Areal Tanam (PAT) untuk mewujudkan kedaulatan pangan Nasional.

Mari sama sama sama kita dukung petani petani milenial untuk diberikan kesempatan sebagai motor penggerak di sektor pertanian. Dirinya meyakini jika petani milenial diberikan kepercayaan akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di Kabupaten Limapuluh Kota, pungkasnya.

Pewarta: F. Malin Parmato / Hms

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -