24 C
id

Wisuda dan Pelantikan Serta Pengambilan Sumpah Siswa SMK Kesehatan Genus Sumbar Angkatan III Tahun 2023/2024 Sebagai Tenaga ASNAKES.



Padang, Matajurnalist.com_ Siswa tamatan SMK Kesehatan Genus Sumatera Barat Angkatan ke III tahun pelajaran 2023/2024 diwisuda, dilantik, dan melaksanakan ikrar sumpah sebagai tenaga Asisten Kesehatan (ASNAKES) dengan kompetensi keahlian Farmasi dan Asisten Keperawatan di Hotel Santika Padang pada Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan pelantikan dan angkat sumpah dilakukan oleh Kepala SMK Genus Sumbar, dengan angkat sumpah dipimpin oleh Ketua Persatuan SMK Kesehatan (Persemki) Dr. Defi Endri, MM, M.Pd, serta rohaniwan dari unsur agama Islam dan Nasrani. Acara ini dimeriahkan oleh solo song dan tari piring dari grup kesenian SMK Kesehatan Genus Sumbar.

Tamatan SMK Kesehatan Genus Sumbar di angkatan ke III tahun pelajaran 2023/2024 terdapat 3 wisudawan terbaik, yaitu: terbaik 1 Nurul Arrahimah Najwa, terbaik 2 Anjani Fitri Yani, dan terbaik 3 Nadya Rahmadani.

Anggota DPR RI Komisi II dari Partai PAN, Drs. H. Guspardi Gaus, dalam sambutannya menyatakan bahwa lulusan kesehatan dan guru memiliki peluang besar untuk mengabdi di instansi pemerintah maupun swasta. Guspardi mengutip Alquran yang menyatakan pentingnya menuntut ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat dan menekankan bahwa siswa SMK Genus harus terus belajar dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mereka, bahkan ke luar negeri.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr. Ir. Audy Joinaldy, dalam sambutannya menegaskan bahwa di era 5.0, generasi muda harus cepat bersosialisasi dan mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal. Ia menyebutkan sepuluh faktor penting untuk meraih kesuksesan, termasuk kejujuran, disiplin, kemampuan interpersonal yang baik, dukungan pasangan, kerja keras, mencintai pekerjaan, kepemimpinan yang baik, semangat, kepribadian yang baik, pengelolaan kehidupan yang baik, serta kemampuan menjual gagasan dan produk.

Audy menambahkan bahwa kesuksesan dalam pekerjaan ditentukan oleh 15% technical skill dan 85% soft skill, dan yakin bahwa lulusan SMK Genus sudah memiliki soft skill yang diajarkan oleh pendidik mereka. Ia menekankan pentingnya meningkatkan kemampuan bahasa asing sebagai bagian dari hard skill.

Ketua Yayasan Bintang Insani Nusantara (BINUS) Sumbar, Dr. (Hc) Defi Endri, menyatakan bahwa ke depan, SMK Genus Sumbar akan lebih baik dengan peningkatan sarana dan prasarana serta manajemen sekolah.

Senada dengan itu, Kepala SMK Genus Sumbar, Rina, memaparkan berbagai prestasi SMK Kesehatan Genus, mulai dari tingkat kota Padang hingga tingkat nasional. Rina mengungkapkan tekad Genus Sumbar untuk maju mewakili Sumatera Barat pada Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang kesehatan dan care giver di tingkat nasional tahun ini.

Kabid PSMK, Dr. Ariswan, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelantikan, angkat sumpah, dan wisuda SMK Kesehatan Genus yang khidmat dan dilaksanakan di hotel yang representatif.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -