24 C
id

Delapan Anggota PKD Kecamatan ABTB Dilantik dan Diberi Pembekalan Untuk Pengawasan Pilkada 2024.


Bukittinggi Matajurnalist.com_ Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi, M. Akmal, melantik delapan anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk Kecamatan ABTB, pada Sabtu (1/6/2024) di Galeri Hotel Bukittinggi.

Delapan anggota PKD yang dilantik adalah Jumardi (Kelurahan Aur Kuning), Berliana Nurul Huda (Birugo), Ratih Yuldistia (Belakang Balok), Desi Susilawati (Sapiran), Jumatul Arif (Kubu Tanjung), Nyong Sebastian (Pakan Labuah), Arnis Wandri (Parit Antang), dan Afni Delma (Ladang Cakiah).

Acara pelantikan yang mengusung tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu" ini sekaligus menjadi ajang pembekalan bagi para anggota PKD terpilih. Pembekalan ini ditujukan untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Gubernur tahun 2024.
Hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Hariyadi, serta dua anggota Panwascam ABTB, Dian Pranata Wijaya (penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa) dan Leni Susanti (bagian hukum pencegahan partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat). Kegiatan ini juga disaksikan oleh Camat ABTB, Danramil, perwakilan Polsek Kota Bukittinggi, Ketua LKAAM ABTB, media, dan anggota Panwascam lainnya.

Dalam sambutannya, M. Akmal menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan hasil seleksi ketat untuk memilih delapan anggota yang akan bertugas di Pilkada 2024. 

"Ada tiga anggota baru dan lima anggota lama. Kami berharap mereka semua menjaga netralitas dan integritas dalam menyelenggarakan pemilu," ujarnya. Ia menambahkan bahwa tugas PKD sangat penting dalam memastikan penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

Sementara itu Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzi Hariyadi, menyampaikan bahwa pelantikan ini juga dilakukan untuk tujuh anggota PKD di Kecamatan Guguak Panjang yang dilaksanakan di Hotel Mersi, sementara satu kecamatan lagi akan dilantik esok hari, ucapnya.
Ketua Bawaslu Bukittinggi, menekankan pentingnya pembekalan awal bagi PKD agar mereka siap mengawasi tahapan Pilkada, terutama dalam kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) di tingkat kelurahan, katanya.

Senada juga disampaikan Ketua LKAAM ABTB, Heldo Aura, dalam sambutannya mengingatkan pentingnya menjaga netralitas dan independensi serta komunikasi yang baik dalam menyelenggarakan pemilu. 

Heldo berharap, Pilkada 2024 berjalan aman, damai, dan tenteram, serta menghindari pemilihan ulang yang dapat mencederai pesta demokrasi.

Melalui kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak, diharapkan Pilkada 2024 di Bukittinggi dapat berlangsung dengan lancar, demokratis, dan berintegritas, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -