24 C
id

Pemerintah Kota Bukittinggi Berikan Apresiasi Terhadap Program Generasi Berencana, yang Diusung oleh BKKBN Melalui Pemilihan Duta Genre Tahun 2024.


Bukittinggi Matajurnalist.com_Pemerintah Kota Bukittinggi memberikan apresiasi tinggi terhadap program Generasi Berencana yang diusung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Pemilihan Duta Genre tahun 2024. 

Malam Grand Finalis Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena digelar outdoor di kawasan sentra kuliner viral tahun 2024 di Kota Bukittinggi, yaitu Stasiun Lambuang di Jalan Jenderal Sudirman pada hari Sabtu (15/6/2024) malam.

Pemilihan duta Genre ini diawali dengan tahapan pendaftaran peserta secara online dari 10 Januari hingga 25 Januari 2024, yang diikuti oleh 72 orang peserta. Proses pemberkasan berlangsung dari 10 Januari hingga 25 Januari 2024, diikuti seleksi administrasi pada 1 Februari 2024 yang menghasilkan 63 peserta memenuhi syarat. Peserta kemudian mengikuti tes tertulis pada 3 Februari 2024, menyisakan 43 peserta. Selanjutnya, tes psikotes dan wawancara dilakukan pada 20 Februari 2024, dan menyisakan 20 orang finalis.

Julian Felipe dan Tania Aulia Divani berhasil menjadi The Winner dalam pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi pada Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024.

Malam Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024 ini memberikan kesan mendalam bagi pengunjung Stasiun Lambuang, yang larut dalam kemeriahan acara bernuansa malam minggu. 

Acara ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari berbagai pihak, termasuk Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat. Di kursi VIP tampak hadir Walikota Bukittinggi Erman Safar, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar, Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Martias Wanto, Kepala DP3APPKB Kota Bukittinggi Nauli Handayani, pejabat eselon di lingkungan Pemko Bukittinggi, perwakilan sekolah dan kampus asal peserta, serta tamu undangan lainnya.

Program Generasi Berencana (Genre) merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan di bawah umur, penyimpangan seksual, NAPZA, dan terorisme, guna menjadikan remaja tangguh yang dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, dalam pembukaan Malam Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024, mengatakan bahwa pemerintah daerah ingin program Genre mampu membekali generasi muda Kota Bukittinggi sehingga dapat menyelamatkan kota ini, melahirkan pemimpin yang baik, pengusaha yang baik, serta figur yang berprestasi dan membanggakan di tingkat nasional di kemudian hari. 

Ia optimis para duta Genre ini akan memahami sepenuhnya tentang pencegahan dan bahaya LGBT, perilaku menyimpang, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkotika, hingga bahaya terorisme. Duta Genre diharapkan menjadi jembatan untuk menyampaikan materi kesehatan reproduksi, life skill, penyiapan kehidupan berkeluarga, serta pencegahan kasus stunting.

"Dengan mengucapkan basmalah, kita buka acara ini secara resmi," ujar Walikota Erman Safar.

"Program ini bisa memberikan pembekalan bagi generasi muda Kota Bukittinggi, yang pada akhirnya bisa menyelamatkan kota kita, melahirkan pemimpin yang baik, melahirkan pengusaha yang baik, atau orang-orang yang berkarir di tingkat nasional di kemudian hari. Harapan kami, pemahaman tentang LGBT, pergaulan bebas, dan perilaku menyimpang ini bisa diperoleh secara khatam oleh duta Genre," tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi, Nauli Handayani, dalam sambutannya menyebutkan bahwa pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) ini mendapatkan dukungan penuh dari Walikota Bukittinggi Erman Safar, yang telah dinobatkan sebagai Ayah Genre, dan Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar sebagai Bunda Genre.

Sebanyak 20 finalis Duta Genre Kota Bukittinggi ini mengikuti pembekalan pada 28 Februari hingga 1 Maret 2024, yang meliputi materi public speaking, tugas dan tanggung jawab duta genre, kesehatan reproduksi remaja, dan Modul tentang Kita.

Penjurian akhir berupa penampilan poster dilaksanakan untuk memilih duta motivator, dan penampilan bakat untuk memilih Duta Talenta dilaksanakan pada 2 Maret 2024, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -