24 C
id

Pemko Bukittinggi menggelar Shalat Idul Adha 1445 H, di Masjid Al-Hanif.

Bukittinggi Matajurnalist.com_Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar Shalat Idul Adha 1445 H pada hari Senin, 17 Juni 2024, di Masjid Al-Hanif Kodim 0304/Agam. 

Pelaksanaan ibadah hari raya ini yang awalnya direncanakan di lapangan Kantin Bukittinggi dialihkan ke dalam masjid karena kondisi hujan yang melanda kota Bukittinggi sejak malam sebelumnya, menyebabkan lapangan menjadi basah.

Shalat Idul Adha ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Erman Safar, Wakil Wali Kota Marfendi, serta anggota Forkopimda Kota Bukittinggi dan beberapa warga setempat. Bertindak sebagai khatib adalah Jelita Donal, sedangkan imam shalat adalah Imam Darul Asfani.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengungkapkan bahwa tahun ini masyarakat Kota Bukittinggi mengurbankan sebanyak 859 ekor sapi dan 60 ekor kambing.

"Semoga semangat berkorban dapat menginspirasi dan meningkatkan keimanan, kepedulian, serta kesalehan sosial. Momentum yang berharga ini mengajarkan kita tentang kesabaran, ketekunan, dan pengorbanan yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan berkah," kata Erman.

Dalam khutbah Idul Adha 1445 H, khatib Jelita Donal menyampaikan bahwa bagi umat Islam, hari raya Idul Adha bukan sekadar perayaan hari besar keagamaan. Idul Adha mengajarkan kaum muslim tentang hakikat ketaatan kepada perintah Allah SWT.

"Keteladanan yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim, Ismail, dan Siti Hajar dalam menjalankan perintah Allah SWT memberikan begitu banyak pelajaran bagi yang mampu menggali maknanya," ujar Jelita Donal.

Acara Shalat Idul Adha di Masjid Al-Hanif berlangsung khidmat meskipun cuaca kurang bersahabat, menunjukkan semangat warga Bukittinggi dalam menjalankan ibadah dan tradisi kurban di Hari Raya Idul Adha.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -