24 C
id

Percepatan Program Ekonomi di Bukittinggi Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan Tercepat di Sumbar.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_ Percepatan program peningkatan perekonomian menunjukkan hasil memuaskan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mengungkapkan bahwa Bukittinggi menjadi kota tercepat dalam menurunkan angka kemiskinan di Sumatera Barat pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, sebanyak 10 dari 19 wilayah administratif di Sumatera Barat mengalami penurunan persentase penduduk miskin dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dari 10 wilayah administratif tersebut, Kota Bukittinggi mengalami penurunan paling cepat, yaitu sebesar 7,85 persen, dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Barat pada tahun 2023," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, pada hari Senin.

Erman mengungkapkan bahwa persentase penduduk miskin di Kota Bukittinggi telah mengalami penurunan selama dua periode terakhir.

"Secara keseluruhan, persentase penduduk miskin tercatat sebesar 4,11 persen pada Maret 2023," jelasnya.

Jumlah penduduk miskin di Bukittinggi menurun dari 6,16 ribu jiwa pada tahun sebelumnya menjadi 5,78 ribu jiwa pada tahun 2023.

"Jika dilihat dari persentasenya, terjadi fluktuasi namun secara keseluruhan menurun dalam dua tahun terakhir," tambah Wali Kota.

Menurutnya, penurunan jumlah penduduk miskin pada tahun 2023 ini mengindikasikan bahwa migrasi penduduk Kota Bukittinggi yang bekerja lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang tidak bekerja.

"Apabila dikaitkan dengan Garis Kemiskinan (GK), semakin tinggi garis kemiskinan juga menjadi faktor pendorong bertambahnya jumlah dan persentase penduduk miskin," pungkas Erman.

Pemerintah Kota Bukittinggi terus berkomitmen untuk mengimplementasikan berbagai program dan kebijakan yang efektif guna memastikan tren penurunan angka kemiskinan ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -