24 C
id

RSOMH Bukittinggi Adakan Pertemuan Ramah Tamah Bersama Media.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Rumah Sakit Otak Dr. Drs. M. Hatta Bukittinggi (RSOMH) menggelar acara ramah tamah bersama awak media pada Senin (24/6/2024). Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung D (Aula Diklat) RSOMH Bukittinggi.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Direktur Perencanaan, Keuangan, dan Layanan Operasional Hilda Roza, SE, Ak, M.Si, Plt. Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang dr. Sofni Sarmen, Sp.A, M.Biomed, Ketua SPI Ns. Nelita Gangga, S.Kep, MARS, Manajer Tim Kerja di Lingkungan RSOMH Bukittinggi, Kepala Instalasi Jajaran Direktorat Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Hilda Roza mengungkapkan harapannya agar media dapat membantu menyampaikan informasi mengenai layanan di RSOMH kepada masyarakat luas. "Melalui media, kami berharap dapat menyampaikan pelayanan kami di RSOMH. Jika ada kekurangan, bantu kami untuk memperbaikinya demi kemajuan RSOMH," ujarnya. Hilda juga menekankan keinginan RSOMH untuk lebih dikenal oleh masyarakat di Sumatera bagian tengah.

Ikhwan Salim ketua dari PWI Bukittinggi juga memberikan sambutan, mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara RSOMH dan insan pers, khususnya PWI. "Semoga kita dapat terus saling memberikan informasi. Pertemuan ini sudah yang kedua kalinya," kata Ikhwan.

Plt. Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang, dr. Sofni Sarmen, Sp.A, M.Biomed, menyampaikan beberapa keunggulan layanan di RSOMH Bukittinggi, termasuk di antaranya Trombolisi, Neuro Intervensi dan Cardio Intervensi, Neuro Rehabilitasi dan Neuro Restorasi, Stroke Check-up (SCU), Pain Intervensi, Neuro Surgery, Neuro Diagnostik, Poli Eksekutif, Layanan Urologi, dan Bedah Digestif.

Dalam menyampaikan materi dr. Sofni Sarmen, menyampaikan, Trombolisi adalah prosedur medis yang digunakan untuk melarutkan bekuan darah yang menghalangi aliran darah ke otak pada pasien stroke iskemik. 
Layanan ini menggunakan obat trombolitik yang diinfuskan ke dalam pembuluh darah untuk menghancurkan bekuan darah, dengan tujuan mengembalikan aliran darah dan meminimalkan kerusakan jaringan otak, ucapnya.

Kemudian Neuro Intervensi dan Cardio Intervensi
Layanan ini mencakup berbagai prosedur minimal invasif yang dilakukan untuk menangani gangguan pada sistem saraf dan kardiovaskular. Neuro intervensi melibatkan teknik-teknik seperti embolisasi aneurisma otak, sedangkan cardio intervensi mencakup prosedur seperti pemasangan stent dan angioplasti untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat di jantung.

Neuro Rehabilitasi dan Neuro Restorasi, Layanan ini fokus pada pemulihan dan peningkatan fungsi neurologis setelah cedera otak atau stroke. Neuro rehabilitasi melibatkan terapi fisik, okupasi, dan bicara untuk membantu pasien mengembalikan kemampuan motorik dan kognitif, sementara neuro restorasi menggunakan pendekatan medis dan teknologi canggih untuk memperbaiki jaringan saraf yang rusak.

Stroke Check-up (SCU), Stroke Check-up Unit adalah layanan khusus untuk deteksi dini dan pencegahan stroke. Layanan ini mencakup pemeriksaan komprehensif untuk mengidentifikasi faktor risiko stroke, seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi, serta memberikan edukasi dan manajemen risiko kepada pasien.

Pain Intervensi, Layanan ini menawarkan berbagai teknik untuk mengelola nyeri kronis dan akut, termasuk injeksi steroid, blok saraf, dan radiofrekuensi ablation. Pain intervensi bertujuan untuk mengurangi nyeri, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi ketergantungan pada obat penghilang rasa sakit.

Neuro Surgery, layanan bedah saraf mencakup berbagai prosedur untuk menangani kondisi seperti tumor otak, trauma kepala, dan penyakit degeneratif tulang belakang. Teknologi canggih seperti neuronavigasi dan bedah minimal invasif digunakan untuk meningkatkan presisi dan mengurangi risiko komplikasi.

Neuro Diagnostik, layanan ini menyediakan berbagai tes diagnostik untuk mengevaluasi fungsi sistem saraf, termasuk elektroensefalografi (EEG), elektromiografi (EMG), dan pencitraan resonansi magnetik (MRI) otak dan tulang belakang. Neuro diagnostik membantu dalam diagnosis kondisi neurologis dan perencanaan perawatan yang tepat.

Poli Eksekutif, Poli Eksekutif menawarkan layanan kesehatan premium dengan jadwal yang fleksibel dan waktu tunggu yang minimal. Pasien dapat mengakses berbagai layanan medis dengan kenyamanan dan privasi yang lebih tinggi, serta mendapatkan perawatan dari dokter-dokter spesialis berpengalaman.

Layanan Urologi, Layanan urologi mencakup diagnosis dan pengobatan berbagai kondisi sistem kemih dan reproduksi pria, seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, dan disfungsi ereksi. Prosedur minimal invasif dan teknologi canggih digunakan untuk memastikan perawatan yang efektif dan pemulihan yang cepat.

Kemudian, Bedah Digestif Layanan bedah digestif mencakup operasi pada saluran pencernaan, termasuk operasi hernia, usus buntu, dan kanker gastrointestinal. Teknik bedah laparoskopi minimal invasif digunakan untuk mengurangi trauma bedah, mempercepat pemulihan, dan meminimalkan komplikasi pascaoperasi.

Sementara itu Ketua SPI Ns. Nelita Gangga, S.Kep, MARS, juga menjelaskan berbagai fasilitas yang ada di RSOMH dan keunggulan pelayanan yang ditawarkan. Acara ini menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara RSOMH dan media, serta memperkenalkan lebih dekat berbagai layanan unggulan rumah sakit kepada masyarakat luas.

RSOMH memiliki kapasitas 140 tempat tidur dan menyediakan 12 kamar penginapan bagi keluarga pasien. "Dengan harga kamar mulai dari Rp 150 ribu hingga 250 ribu per malam, keluarga pasien tidak perlu keluar dari lingkungan rumah sakit untuk mencari penginapan," pungkasnya.

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -