24 C
id

Tradisi Khatam Al-Qur'an di Nagari Padang Lua, Perayaan Keberhasilan Santri dalam Menamatkan Pendidikan Al-Qur'an.

Agam Matajurnalist.com_Tradisi Khatam Al-Qur'an merupakan suatu upacara perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, khususnya di daerah Nagari Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. 

Tradisi ini merayakan santri atau murid yang telah menyelesaikan pelajaran terkait ilmu Al-Qur'an, baik dalam cara membacanya maupun pemahamannya yang telah diajarkan oleh ustadz atau guru mereka.

Pelepasan pawai pada Senin (24/6/2024) turut hadir Bupati Agam, Camat Banuhampu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banuhampu, Wali Nagari, tokoh-tokoh adat Nagari Padang Lua, dan berbagai tokoh masyarakat. 

Upacara ini merupakan bentuk apresiasi dari seluruh masyarakat, khususnya keluarga, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, serta guru-guru terhadap keberhasilan para santri dalam menyelesaikan pendidikan Al-Qur'an. 

Khatam Al-Qur'an bukan sekadar pencapaian individual, tetapi juga mencerminkan keberhasilan pendidikan agama di Nagari Padang Lua.

Dalam sambutannya, Wali Nagari Padang Lua, Jufri Arif, menyatakan, "Khatam Al-Qur'an ini merupakan acara dua tahunan sekali. Anak-anak yang telah tamat dari Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nagari Padang Lua kita rayakan keberhasilannya."

Lanjutnnya, perayaan ini juga menjadi ajang untuk menguji kemampuan anak-anak yang telah lulus dari MDA, sebagai wujud dari pelaksanaan program Nagari Madani yang merupakan inisiatif dari pemerintah Kabupaten Agam. Program ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang religius dan berbudaya.

Dengan demikian, tradisi Khatam Al-Qur'an di Nagari Padang Lua tidak hanya memperkuat ikatan komunitas, tetapi juga mengokohkan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Minangkabau, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -