24 C
id

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Bukittinggi Lakukan Tes Urine dan Peringatan dengan Serangkaian Kegiatan.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 yang jatuh pada 22 Juli 2024, Kejaksaan Negeri Bukittinggi menggelar upacara di halaman kantor Kejari Bukittinggi. Usai upacara, seluruh petugas, termasuk Kajari Bukittinggi Djamaluddin, menjalani tes urine.

Kajari Bukittinggi, Djamaluddin, saat diwawancarai awak media menyatakan bahwa pelaksanaan tes urine ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Achmad Muktar (RSAM). 

"Ini adalah komitmen kami. Dengan Hari Bhakti ini, kami mulai tekad untuk memberantas narkotika agar anggota-anggota kami tidak terlibat dalam kasus ini," ujarnya.

Djamaluddin menegaskan pentingnya bebas narkotika bagi anggota Kejaksaan. "Kami harus bersih, jangan sampai ada anggota kami yang menyalahgunakan narkotika. Momentum Hari Bhakti Adhyaksa ini kami manfaatkan agar betul-betul bebas dari narkotika," tegasnya.

Peringatan HBA ke-64 tahun ini mengusung tema "Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas". Tema ini, menurut Djamaluddin, merupakan kristalisasi visi pemerintah guna mewujudkan Indonesia Emas 2045, yaitu Indonesia yang maju dengan kualitas manusia unggul serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan yang merata, dan tata kelola pemerintahan yang kuat dan berwibawa, ucapnya.
Tahun ini merupakan tahun transisi peringatan HBA. Mulai tahun 2025, insan Adhyaksa akan memperingati hari lahir Kejaksaan pada 2 September. Sementara, setiap 22 Juli hanya akan diisi dengan upacara sebagai momen berkontemplasi internal dan edukasi kepada masyarakat atas peran dan kedudukan Kejaksaan. Rangkaian kegiatan perayaan akan difokuskan pada perayaan hari lahir Kejaksaan pada 2 September, katanya.

Dalam rangka HBA ini, Kejaksaan Negeri Bukittinggi telah melaksanakan serangkaian kegiatan sejak kemarin, seperti ziarah ke makam pahlawan. 

Selain itu, ada kegiatan bakti sosial dengan membagikan bantuan sosial kepada masyarakat yang tidak mampu dan berkunjung ke Panti Asuhan Aisyiyah untuk menyerahkan bantuan berupa buku-buku kepada anak-anak di sana, 
"Kegiatan ini tidak hanya sekadar seremoni, tetapi juga sebagai pengingat bahwa di setiap hari ulang tahun, kita harus selalu berusaha menuju ke arah kebaikan. Momentum Hari Bhakti Adhyaksa harus kita manfaatkan untuk introspeksi diri dan memperkuat komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan integritas dan profesionalisme," kata Djamaluddin.

Ia menambahkan bahwa seluruh anggota Kejaksaan harus terus mengedepankan kejujuran dan etika dalam setiap tindakan mereka. "Dengan semangat ini, kita berharap Kejaksaan dapat terus menjadi lembaga yang dipercaya oleh masyarakat dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan penegakan hukum yang adil dan transparan di Indonesia," pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -