24 C
id

Panwascam ABTB Lakukan Pelantikan dan Orientasi Pengawas TPS untuk PSU Anggota DPD RI.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Panwascam Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) melaksanakan pelantikan, pengambilan sumpah janji, serta orientasi teknis bagi Pengawas TPS se-Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Pemungutan Suara Ulang (PSU) anggota DPD RI setelah Putusan Mahkamah Konstitusi.

Acara yang digelar pada Rabu (10/7/2024) di Aula Grand Galeri Hotel Bukittinggi ini dihadiri oleh komisioner Bawaslu Kota Bukittinggi, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Eri Vatria. Turut hadir juga Ketua Panwascam Kecamatan ABTB, M. Akmal beserta anggota, pihak kepolisian, personil TNI, Camat ABTB, unsur media, dan para anggota TPS yang akan dilantik dan diambil sumpahnya.

Ketua Panwascam ABTB M. Akmal mengungkapkan bahwa sebanyak 84 orang dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Pengawas TPS untuk PSU DPD RI. Dari jumlah tersebut, 60 orang merupakan Pengawas TPS pemilu 14 Februari 2024 yang lalu, sementara 24 orang lainnya merupakan rekrutan baru. 

Hal ini disebabkan beberapa pengawas sebelumnya tidak lagi bersedia atau tidak memenuhi syarat, seperti pindah domisili, terafiliasi dengan partai politik, atau telah beralih status menjadi ASN, ada yang lulus PPPK atau ASN, ucapnya.

"Setiap TPS akan diawasi oleh satu orang Pengawas. Setelah pelantikan, kami mengadakan bimbingan teknis pengawasan selama satu hari, serta melakukan supervisi dan monitoring secara berjenjang atau langsung," ujar Akmal.

Akmal menambahkan bahwa bagi pengawas baru, pendampingan langsung akan dilakukan mulai esok hari dengan menyampaikan C pemberitahuan kepada pemilih. Pengawasan akan tetap dilakukan untuk memudahkan petugas TPS dalam menjalankan tugas di lapangan.
"Kami akan terus memantau netralitas dan integritas para Pengawas TPS, agar tidak menjadi tim sukses atau saksi di Pilkada nanti. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan apakah mereka akan menjadi Pengawas TPS di Pilkada mendatang," jelasnya.

Camat ABTB yang diwakili oleh Fachrul Razi mengucapkan selamat kepada para Pengawas TPS PSU. "Semoga dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan fakta integritas yang dibacakan, menjaga netralitas, dan menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan lancar," ucapnya.

Pimpinan Bawaslu Bukittinggi, melalui Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Eri Vatria, menyampaikan bahwa pelantikan pada hari ini dilakukan serentak di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dan Kecamatan Guguak Panjang. 

Berhubung  dua komisioner Bawaslu Bukittinggi yang lain sedang bertugas di luar kota, arahan dari Ketua Bawaslu Kota bahwa dua kecamatan terpaksa mendengarkan melalui Zoom meeting, di tempat yang disediakan di masing-masing kecamatan, ucapnya.

Dengan pelantikan ini, diharapkan PSU yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024 dapat berjalan lancar. Petugas TPS diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik, menjaga netralitas, dan integritas dalam pelaksanaan tugas nantinya, pungkas Eri Vatria.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -