24 C
id

Pemerintah Kota Bukittinggi Luncurkan Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer 2024.



Bukittinggi Matajurnalist.com_Pemerintah Kota Bukittinggi meluncurkan program Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) tahun 2024. Kick off pelaksanaan ILP ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh SKPD terkait di Balcone Hotel pada Rabu, (31/7/2024).

Wali Kota Bukittinggi, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bukittinggi berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Berbagai program dilaksanakan dengan dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui program integritas pelayanan kesehatan primer.

Sekda menambahkan bahwa investasi di bidang kesehatan bukanlah investasi yang dampaknya dapat dirasakan langsung. Namun, efeknya dapat dinikmati masyarakat beberapa tahun yang akan datang. 

"Misi Bapak Wali Kota adalah menjadi yang terdepan di bidang kesehatan. Ini menjadi salah satu realisasi dari misi tersebut, yang tujuan utamanya adalah bagaimana seluruh masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan prima," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Linda Faroza, menyampaikan bahwa Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi tahap awal pelaksanaan implementasi ILP di Kota Bukittinggi. Konsep Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di tingkat kecamatan akan diikuti di tingkat desa/kelurahan dengan keberadaan Unit Kesehatan di kelurahan, yaitu Puskesmas Pembantu (Pustu).

"Dengan konsep ILP yang diterapkan di puskesmas, pustu, dan posyandu, skrining kesehatan dapat terlaksana dari semua siklus kehidupan. Sehingga upaya mendeteksi dini penyakit dapat terlaksana agar derajat kesehatan masyarakat Bukittinggi dapat ditingkatkan," pungkas Linda Faroza.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -