24 C
id

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bukittinggi 2024, Ujian Tulis.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Pada hari kedua Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Bukittinggi Tahun 2024, Selasa (24/7/2024) pagi, ujian tulis dilaksanakan di Aula Bapelitbang. 

Ujian ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Lantas Polresta Bukittinggi, Jasa Raharja Perwakilan Bukittinggi, dan Pengamat Transportasi dari ORGANDA.

Setiap soal ujian terdiri dari 10 butir pertanyaan, diikuti oleh 30 peserta dari 15 sekolah SMA/SMK sederajat se-Kota Bukittinggi, dengan durasi waktu 15 menit. Penilaian dalam pemilihan ini menekankan peningkatan kesadaran pelajar terkait keselamatan lalu lintas, terutama saat Polresta Bukittinggi sedang melaksanakan Operasi Patuh Singgalang 2024.

Kasubnit Kamsel Polresta, Aiptu Seprinaldo, SH, menjelaskan, "Iya, betul. Dalam Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tadi disampaikan dalam materi bahwa kita juga melakukan Operasi Patuh Singgalang 2024, yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 28 Juli 2024. Oleh karena itu, diharapkan semua mematuhi aturan lalu lintas di jalan raya."

Aiptu Seprinaldo juga menekankan pentingnya kelengkapan identitas pengendara kendaraan, termasuk SIM dan STNK. Pengemudi dan penumpang sepeda motor diwajibkan menggunakan helm berstandar Nasional Indonesia (SNI), serta memastikan kendaraan yang digunakan sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditetapkan dan tidak menggunakan knalpot racing.

Kepala Perwakilan Jasa Raharja Perwakilan Bukittinggi, Fravasta Andreas RK, menyampaikan bahwa jaminan kecelakaan dari Jasa Raharja berlaku sepanjang menyertakan surat kecelakaan yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian dan tidak merupakan kecelakaan tunggal. Hingga bulan Juni 2024, tercatat pembayaran santunan kecelakaan naik sebesar Rp 1,8 miliar menjadi total Rp 11,6 miliar, dengan usia produktif menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan.

Dalam acara tersebut, peserta yang memberikan pertanyaan mendapatkan helm SNI yang diserahkan langsung oleh Fravasta Andreas RK. Pengumuman pemenang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Bukittinggi Tahun 2024 akan dilakukan pada pagi hari (24/7/2024) di tempat yang sama. 

Pemenang akan mewakili Kota Bukittinggi dalam penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan jika berhasil, akan mewakili provinsi di tingkat nasional di Jakarta pungkas Fravasta Andreas RK.***

Pewarta : sutan mudo 









Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -