24 C
id

Pengabdian Masyarakat dan Kepedulian Sosial di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

Agam Matajurnalist.com_Kotas Ranah Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam pada hari Sabtu (6/7/2024), menggelar acara pengabdian masyarakat dan kepedulian sosial dalam menanggapi keresahan dan kekhawatiran terhadap kondisi sosial masyarakat yang akhir-akhir ini menimbulkan berbagai problematika.

Kotas Ranah Nagari memberikan kontribusi dan dedikasi nyata melalui kegiatan sosial berupa Sunatan Massal sekaligus peluncuran pengurus Kotas Ranah Nagari.

Kegiatan kepedulian sosial oleh Kotas Ranah Nagari tersebut dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimca dan Forkopimda, tokoh masyarakat, serta para tamu undangan.

Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman, mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas kegiatan perdana Sunatan Massal yang diprakarsai oleh Kotas Ranah Nagari, meski baru dikukuhkan. 

Saat membuka kegiatan, Andri Warman menyatakan bahwa wadah Kotas menjadi jembatan dalam menjawab persoalan di kampung dengan memperkuat koordinasi dan konsolidasi dalam menjembatani ide dan gagasan dari rantau.

Andri Warman berharap Kotas Ranah Nagari dapat memperkuat kemitraan dengan berkoordinasi dengan lembaga yang ada di kecamatan, nagari, serta masyarakat demi kesejahteraan warga.

Sementara itu, Ketua Kotas Ranah Nagari, Amruh Kumandang, mengatakan bahwa Kotas Ranah Nagari mencoba mengoptimalkan sumber daya dan kesempatan serta potensi lain untuk berkolaborasi dalam gerakan kepedulian sosial terhadap kampung halaman.

"Dengan sosialisasi organisasi melalui pengukuhan pengurus dan melaksanakan bakti sosial berupa Khitanan Massal bagi warga yang kurang beruntung, ini adalah bagian dari keberadaan Kotas Ranah Nagari dalam menjawab keresahan sosial," tutur Amruh Kumandang dengan penuh keprihatinan.

Amruh melanjutkan bahwa peluncuran berdirinya Kotas Ranah Nagari memiliki latar belakang demi kemajuan, kesejahteraan, dan manfaat bagi warga yang ada di nagari dalam membangun kesejahteraan.

Amruh juga menyampaikan apresiasi dan bangga atas dukungan moril dan materil yang luar biasa dari kampung dan perantau, termasuk dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, bahkan Eropa (Belanda), yang diharapkan menjadi amal.

Meskipun awalnya jumlah peserta hanya 40 orang, akhirnya menjadi 45 peserta karena animo masyarakat yang cukup tinggi sehingga tidak bisa dibatasi demi alasan kemanusiaan, tegas Amruh.

Pada kesempatan itu, Amruh juga menyampaikan visi dan misi Kotas menuju masyarakat sejahtera yang saling menguatkan untuk kemajuan nagari serta skala berbangsa dan bernegara.

Secara global, Kotas Ranah Nagari mengemban misi menjadi mitra bagi kemajuan dan kesejahteraan dengan memprioritaskan kemajuan anak nagari, membangun kolaborasi dan bersinergi dengan stakeholder terkait lainnya dalam mengoptimalkan pemberdayaan, serta menjadi media dalam aktualisasi nyata ide maupun gagasan dari rantau secara transparan dan produktif.

Tokoh masyarakat menyambut gembira dan hormat yang tinggi terhadap kegiatan amal bakti secara nyata ini dalam menjawab persoalan sosial dan berharap pihak lainnya tidak hanya membangun jargon semata yang mencederai nilai sosial.

Senada dengan hal itu, Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari), Ketua Panitia (Linda Kamelia), Walinagari (Dt Maruhun Basa), dan pihak lainnya menyampaikan hal yang sama terkait dukungan terhadap kegiatan serta berterima kasih atas bantuan dan dukungan dari berbagai pihak sehingga kegiatan terlaksana, termasuk kepada tim medis maupun panitia serta pihak lainnya yang telah selalu bahu membahu atas terlaksananya kegiatan ini.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -