24 C
id

Satu-satunya di Sumbar, Bukittinggi Terima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024.

Bukittinggi Matajurnalist.com_Pemerintah Kota Bukittinggi meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Wali Kota Bukittinggi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah di JCC Plenary Hall - Jakarta Convention Center, DKI Jakarta, Sabtu (06/07/2024).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Sekda Martias Wanto, mengaku bangga dan bersyukur karena Bukittinggi menjadi nominator daerah terbaik dalam transformasi pembelajaran dalam Kebijakan Merdeka Belajar. 

Bukittinggi bahkan menjadi satu-satunya daerah di Sumatra Barat yang mendapat penghargaan dalam kategori transformasi pembelajaran.

"Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bapak Nadiem Makarim, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di daerahnya," ucap Martias wanto.

"Anugerah Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan apresiasi dan memperkuat dukungan para pemangku kepentingan dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan, ujar Memtri Pendidikan," katanya.

"Kemendikbudristek terus mendorong pemerintah daerah untuk saling menginspirasi dan berbagi praktik baik dalam penyelenggaraan pendidikan melalui Kebijakan Merdeka Belajar. Untuk itu, tahun 2024 ini terdapat 77 nominator penerima anugerah dari 7 kategori," tambah mentri Pendidikan.

"Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Bapak Wali Kota Erman Safar, Pemko Bukittinggi kembali diakui secara nasional di bidang pendidikan. Misi Bapak Erman Safar untuk menjadikan Bukittinggi hebat di bidang pendidikan terus kita jalankan dan sinkronkan dengan program pemerintah pusat. Secara bertahap, ini berhasil dan kita mendapatkan Anugerah Merdeka Belajar 2024," ungkap Martias Wanto, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Herriman, serta Kabid Pendidikan Dasar, Hendri.

Transformasi Pembelajaran secara garis besar adalah proses pembelajaran yang membawa siswa lebih dekat dengan kenyataan, menyajikan pengetahuan secara kritis dan reflektif, serta memposisikan guru sebagai fasilitator untuk memimpin dan mendorong proses pembelajaran.

"Keberhasilan Bukittinggi meraih penghargaan ini berkat usaha dan kerjasama berbagai pihak. Dinas Pendidikan memiliki tim digital yang solid dan hebat sehingga mampu memenuhi indikator-indikator yang dinilai dalam ajang ini. Implementasinya antara lain berupa bantuan chromebook dalam pembelajaran berdiferensiasi pada sejumlah sekolah dan pemanfaatan Google Workspace for Education dalam pembelajaran yang didukung oleh tim digital di bawah koordinator Susan Febriani (Guru SMPN 4 Bukittinggi)," jelasnya.

Selain itu, lanjut Sekda, Pemko juga bekerjasama dengan pengawas sekolah untuk memastikan komitmen sekolah dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka mulai dari jenjang PAUD, SD, hingga SMP di Kota Bukittinggi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi juga telah mendukung program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dengan peran serta Bunda paud sangat di perlukan.

“Alhamdulillah, Bunda Kota Bukittinggi, Ibu Fiona Agita Erman Safar, sudah mendukung program tersebut. Dari beberapa indikator tersebut, Bukittinggi memenuhi persyaratan untuk memperoleh Anugerah Merdeka Belajar,” pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -