24 C
id

Tim PPK Ormawa BEM KM Unand, Gelar Pembukaan Sekolah Sampah Limpapeh di Kelurahan Batang Arau Padang

Padang, MataJurnalist - Tim PPK Ormawa BEM KM Unand menggelar program Sekolah Sampah di kelurahan Batang Arau, kecamatan Padang Selatan yang dimulai pada Sabtu (06/07/2024) sampai September 2024. Demikian rilis yang diterima redaksi MataJurnalist pada Selasa (9/7/2024).

Ini adalah program pengabdian masyarakat PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM UNAND). Program Sekolah Sampah tersebut bertujuan untuk mengoptimalisasikan pemberdayaan perempuan melalui Sekolah Sampah Limpapeh dalam upaya pengentasan sampah di Batang Arau.


Acara Pembukaan Sekolah Sampah Limpapeh oleh Tim PPK Ormawa BEM KM UNAND ini dilaksanakan di Kantor Lurah Batang Arau pada Sabtu (06/07/2024). Acara tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, di antaranya Direktur Kemahasiswaan UNAND, Camat Padang Selatan, Lurah Batang Arau, Wakil Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Dinas Pertanian Kota Padang, Dinas P3AP2KB Kota Padang, Dinas Kominfo Kota Padang, Dinas Sosial Kota Padang, Ketua Bank Sampah Pancadaya, Kader PKK, Ketua Pokja, RT dan RW setempat, serta kelompok masyarakat.

Program Sekolah Sampah Limpapeh ini dilatarbelakangi oleh kondisi strategis Kelurahan Batang Arau yang dialiri oleh Sungai Batang Arau. Kelurahan Batang Arau memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata.

Tujuan program ini dicapai melalui pemberian pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan skill terkait pengelolaan sampah agar menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat. Target program adalah perempuan yang mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Acara dimulai dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana Arga Zaifullah. Kemudian, dilanjutkan kata sambutan dari Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmy, STP., MP., Ph.D. Dalam sambutannya, Khandra Fahmy mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan dan dedikasi mahasiswa dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat. Ia berharap program ini dapat berjalan dengan lancar sesuai target dan mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya, kata sambutan disampaikan oleh Camat Padang Selatan Anhal Mulya Perkasa, S. STP., M. PA. Ia menekankan pentingnya dukungan serta kolaborasi antara universitas, instansi, dan masyarakat demi mencapai keberhasilan program pengabdian. Dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Anhal Mulya sebagai simbol program Sekolah Sampah Limpapeh secara resmi dibuka.

Pertemuan pertama Sekolah Sampah Limpapeh langsung dimulai setelah acara pembukaan selesai. Pertemuan pertama diisi dengan materi Pengenalan Sampah yang dipaparkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Syafrizal Syair, S.Pd., M.M. 
 
Sebelum memulai pemaparan materi, peserta Sekolah Sampah Limpapeh mengisi pre-test yang telah disediakan. Dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Syafrizal, kemudian sesi tanya jawab. Setelah selesai pemaparan materi dan sesi tanya jawab, peserta mengisi post-test. Acara pembukaan dan pertemuan pertama ini ditutup dengan testimoni dari salah satu masyarakat Batang Arau terkait pemaparan materi, lanjut penyerahan sertifikat kepada pemateri, serta dokumentasi.

Kegiatan Sekolah Sampah Limpapeh akan dilaksanakan selama dua belas kali pertemuan sampai dengan September 2024. Dua belas kali pertemuan tersebut akan diisi dengan pembekalan materi dan pelatihan bagi peserta sekolah. Adapun dosen pendamping PPK Ormawa, Risti Kurnia Dewi, S.Gz., M.Si, akan turut mendampingi tim dalam pelaksanaan Sekolah Sampah Limpapeh hingga akhir nantinya.

Kontributor : Gaizka Putri Rizkyanda
Editor: F. Malin Parmato


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -