24 C
id

Unand Luncurkan Mahasiswa KKN di Nagari Sungai Rumbai Dharmasraya untuk Berkolaborasi Membangun Nagari

Mahasiswa KKN Unand di Sungai Rumbai Dharmasraya

Dharmasraya, MataJurnalis.Com - Sebanyak 26 orang mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di Nagari Sungai Rumbai, Dharmasraya. Kegiatan itu sudah dilaksanakan sejak tanggal 9 Juli 2024 lalu sampai 40 hari kedepan. Demikian rilis informasi yang diterima redaksi dari Hidayatul Hasna Mahasiswa Unand yang ikut program KKN tersebut pada Rabu (31/7/2024).

Dalam laporan yang ditulis oleh Rendy Bragi itu disebutkan "Mahasiswa peserta program KKN itu berasal dari berbagai cabang ilmu. Diharapkan dapat membantu mengatasi masalah yang tengah dihadapi oleh pihak Nagari Sungai Rumbai."

Mhd. Fajri, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN Nagari Sungai Rumbai mengatakan Program kerja mahasiswa KKN akan terbagi menjadi tiga aspek. Yaitu: "Pertama, Pembangunan Nagari, kedua Penerapan IPTEK, dan ketiga kegiatan SOSMAS.” Tuturnya.

Kegiatan Pembangunan Nagari terbagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari penurunan angka stunting, kegiatan APOCIL (apoteker cilik), edukasi literasi dan minat melanjutkan pendidikan, konversi sampah menjadi ecobrick dan ecoenzym, pembuatan alat filter air, edukasi bullying, serta pendidikan pemilu pada pemilih pemula.

Kegiatan penerapan IPTEK terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Yaitu, digilatisasi nagari, psikoedukasi, dan praktik tanaman obat (TOSE dan TOGA).

Kegiatan SOSMAS terdiri dari kegiatan rumah pintar, kegiatan belajar adat istiadat setempat, kegiatan olahraga, dan kegiatan keagamaan.

Program kerja yang dihadirkan oleh mahasiwa KKN Universitas Andalas kepada seluruh perangkat Nagari pada saat kegiatan lokakarya, memberikan respon positif dan dapat dukungan penuh oleh seluruh elemen Nagari Sungai Rumbai. 

KKN Universitas Andalas diciptakan sebagai implementasi ilmu yang didapat di bangku perkuliahan untuk mengatasi masalah yang ada di Masyarakat. Selain itu, KKN berguna untuk membentuk pribadi yang mandiri, cekatan, dan peka akan lingkungan sekitar.

Penulis: Rendy Bragi
Editor: F. Malin Parmato
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -