24 C
id

Kantor Imigrasi Agam Peringati Hari Pengayoman ke-79 dengan Berbagai Kegiatan Pengabdian.

Agam, Matajurnalist.com_Kantor Imigrasi Agam, Sumatera Barat, turut memperingati Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM RI, atau yang dikenal sebagai Hari Pengayoman, yang ke-79 pada tanggal 19 Agustus 2024. 

Tahun ini, peringatan tersebut mengusung tema "Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045."

Peringatan ini dimulai dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Agam. Upacara ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Kantor Imigrasi Agam, Lapas Bukittinggi, serta Bapas Bukittinggi pada Senin, 19 Agustus 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Budiman Hadiwasito, menyampaikan bahwa dalam rangka memeriahkan dan menyukseskan Hari Pengayoman ke-79, Kantor Imigrasi Agam telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengabdi pada negeri sesuai dengan tema tahun ini. 

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Lamang Tapai, merupakan kegiatan inovasi pelayanan publik dari Kantor Imigrasi Agam, yang merupakan akronim dari "Layanan Imigrasi Agam Datang Tanpa Antrian Online." 

Inovasi ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 yang lalu di Aula Kantor RSUD Kota Padang Panjang. 
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Lakukan Bakti Sosial.

Wilayah kerja Imigrasi Agam yang meliputi Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, dan Pasaman Barat, diharapkan dapat terjangkau oleh layanan ini melalui pola jemput bola, di mana petugas datang langsung ke masyarakat tanpa memerlukan antrian online, ucapnya.

Kemudian kegiatan Jalan Sehat. Dalam rangka memeriahkan Hari Pengayoman ke-79 serta meningkatkan kebugaran, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Agam melaksanakan jalan sehat bersama di sekitar lingkungan Kantor Imigrasi Agam pada tanggal 2 Agustus 2024.

Selanjutnya, Open Booth Layanan Publik, merupakan kegiatan dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, bertempat di Plasa Andalas Padang pada tanggal 3-4 Agustus 2024. 

Khusus Kantor Imigrasi Agam, berkolaborasi dengan Kantor Imigrasi Padang, memberikan pelayanan paspor dan informasi keimigrasian kepada masyarakat.

Tidak sampai disana, kegiatan dari Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, juga melakukan Rapat Koordinasi Timpora. Imigrasi Agam dan Imigrasi Padang kembali berkolaborasi dalam Rapat Koordinasi Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada tanggal 6 Agustus 2024. 

Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dengan tujuan mengoptimalkan sinergitas anggota Timpora dalam penanganan Warga Negara Asing (WNA) di Kabupatan Kepulauan Mentawai.

Juga ada Kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh pegawai Kantor Imigrasi Agam, Lapas Bukittinggi, dan Bapas Bukittinggi pada tanggal 6 Agustus 2024 yang lalu di Lapas Bukittinggi.

Disamping itu juga ada Bakti Sosial, yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2024, kegiatan bakti sosial dilaksanakan di Panti Asuhan Ikhwanus Shafa, Lasi, Kabupaten Agam.

Kemudian kegiatan upacara tabur bunga
untuk mengenang jasa para pahlawan, Kantor Imigrasi Agam bersama dengan Kantor Lapas Bukittinggi dan Kantor Bapas Bukittinggi melaksanakan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti di Bukittinggi pada tanggal 9 Agustus 2024.

Rangkaian kegiatan Hari Pengayoman ke-79 ini ditutup dengan upacara dan syukuran pada tanggal 19 Agustus 2024 di Kantor Imigrasi Agam, yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Kantor Imigrasi Agam, Lapas Bukittinggi, dan Bapas Bukittinggi.

Menurut Budiman Hadiwasito, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Agam ini merupakan wujud nyata pengabdian kepada negeri menuju Indonesia Emas 2045. 

Inovasi-inovasi yang dilakukan diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya terkait keberadaan WNA di wilayah Kerja.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -