24 C
id

Masjid Asy-Syifa Yarsi Bukittinggi Masuk Nominasi 3 Besar AMPERA.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Masjid Asy-Syifa Yarsi Bukittinggi berhasil masuk dalam nominasi tiga besar untuk mendapatkan Predikat Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPERA) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. 

Pengumuman ini disampaikan dalam pertemuan antara pengurus masjid dan perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, serta jamaah Masjid Asy-Syifa di Aula Pertemuan RS Yarsi Kota Bukittinggi pada hari Kamis (15/8/2024)

Pertemuan tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, antara lain Ketua Pengurus Masjid Asy-Syifa, Dr. H. Harma Zaldi, Sekretaris Masjid, Wahyu, Ketua Bidang Seksi Sosial, Rivaldi, Amd., Ketua Bidang Keagamaan, Ustad Embud Rafles, serta Direktur RS Yarsi, Dr. Anne Mars. 

Dari pihak Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat hadir DR. H. Ikrar Abdi, MA, yang turut menyampaikan apresiasi dan harapan kepada seluruh pengurus masjid. Dalam sambutannya, Dr. Harma Zaldi mengisahkan sejarah berdirinya Masjid Asy-Syifa. 

"Pada tahun 1969, berdirilah Rumah Sakit Islam Ibnu Sina di Bukittinggi sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat. Sebagai penyelaras antara jasmani dan rohani, didirikanlah Masjid Asy-Syifa pada tahun 1986 di atas tanah seluas 700 m² dengan luas bangunan 500 m². Kini, masjid ini mampu menampung sekitar 500 jemaah, dengan sekitar 200 jemaah tetap," jelasnya. Harma Zaldi juga mengungkapkan rasa syukurnya atas perkembangan dan kemegahan masjid yang kini berdiri kokoh.

Di tempat yang sama, DR. H. Ikrar Abdi, MA, mewakili Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, menekankan pentingnya pencapaian ini. 

"Masjid Asy-Syifa ini dibangun oleh salah satu tokoh nasional asal Bukittinggi, Buya Muhammad Natsir. Prestasi masuk nominasi tiga besar AMPERA ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi beliau. Terutama dengan posisi masjid yang berada di kompleks rumah sakit, menjadikannya ramah bagi pengunjung," tutur H. Ikrar. 

Ia juga mengingatkan pentingnya mengekspos semua kegiatan dan fasilitas yang ada di masjid, termasuk kebersihan, kamar garin, dan fasilitas lainnya, untuk mendapatkan penilaian yang baik.

Ketua Bidang Sosial, Rivaldi, Amd, menambahkan bahwa selain mengekspos fasilitas masjid, pengurus juga berupaya untuk menjadikan masjid sebagai tempat yang ramai dan nyaman setiap saat. 

"Kami berencana menyediakan air minum dan camilan bagi pengunjung agar mereka merasa nyaman. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat yang sejuk dan nyaman untuk beristirahat sejenak sebelum dan sesudah beribadah," pungkasnya.

Dengan pencapaian ini, besar harapan bahwa Masjid Asy-Syifa Yarsi Bukittinggi dapat meraih predikat juara dalam ajang AMPERA, memberikan kebanggaan bagi masyarakat Bukittinggi dan inspirasi bagi masjid-masjid lainnya di Indonesia, pungkasnya.***

Pewarta : Sutan Mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -