24 C
id

Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM Bukittinggi Angkatan II, Fokus pada Penguatan Pemasaran Pasca Pandemi.

Bukittinggi Matajurnalist.com_ Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi kembali menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Angkatan II yang dilaksanakan di Hotel Pusako Bukittinggi pada tanggal 14 hingga 16 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta terpilih dari berbagai paguyuban UMKM.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi yang diwakili oleh Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Sespri. Dalam sambutannya, Sespri menekankan pentingnya kemampuan memasarkan produk secara digital, terutama di era pasca-pandemi COVID-19.

“Bapak/Ibu yang hadir hari ini adalah orang-orang terpilih. Manfaatkanlah pelatihan ini sebaik mungkin. Kemampuan digital marketing harus dikembangkan dan diterapkan dalam e-Commerce serta media sosial,” ujar Sespri.

Lebih lanjut, Sespri juga memberikan tips dalam pemasaran produk di dunia maya. Menurutnya, foto produk yang diunggah di media sosial harus memiliki kualitas yang baik, termasuk sudut pengambilan gambar (angle) yang tepat. Informasi penting seperti nomor handphone dan alamat pengiriman juga harus ditampilkan dengan jelas.

“Pelanggan di media sosial biasanya tertarik pada produk yang terlihat menarik. Jangan hanya mengandalkan pembeli yang datang secara langsung, tetapi maksimalkan penggunaan media yang ada. Penjual harus memiliki pola pikir terbuka (open-minded) dalam memasarkan produk,” tambahnya.

Sespri juga mengingatkan bahwa dalam penjualan melalui e-Commerce, baik yang menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) maupun pembayaran tunai melalui media sosial, kejujuran adalah kunci utama. “Jika barang yang dijual memiliki cacat mutu, jangan berharap pembeli akan kembali. Mereka bisa saja berpindah ke produk lain,” tutupnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada para peserta untuk meningkatkan penjualan produk mereka melalui platform digital, sehingga UMKM di Bukittinggi dapat bersaing lebih efektif di pasar yang semakin digital.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -