24 C
id

Tokoh Masyarakat Agam, Benni Warlis, Berkomitmen Atasi Masalah Sampah dan Kemacetan di Pasar Padang Luar dan Koto Baru.


Agam, Matajurnalist.com_Tokoh masyarakat Agam, Benni Warlis, menegaskan komitmennya untuk mencari solusi atas masalah pembuangan sampah serta mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Pasar Padang Luar Kabupaten Agam dan juga di  Pasar Koto Baru. Hal ini disampaikannya saat bertemu dengan masyarakat Kabupaten Agam di sebuah kafe di Jalan Bukittinggi - Payakumbuh, Parit Putus, batas kota, pada Jumat (16/8/2024) sore.

Usai  pertemuan dengan masyarakat yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang warga, Benni Warlis menyampaikan kepada media saat di wawancarai, bahwa upaya mencari solusi atas masalah pembuangan sampah di Kabupaten Agam akan menjadi prioritasnya. “Kita sungguh akan mencari solusi pembuangan sampah di Kabupaten Agam agar tidak menumpuk,” ujarnya.

Selain masalah sampah, Benni juga menyoroti kemacetan yang sering terjadi di Pasar Padang Luar dan Pasar Koto Baru. Meskipun Koto Baru bukan bagian dari wilayah Kabupaten Agam, banyak warga Kabupaten Agam yang memasok sayuran ke sana. Oleh karena itu, ia menilai perlu ada antisipasi agar kemacetan di kedua pasar tersebut bisa diminimalisir.

Terkait masalah sampah, Benni Warlis yang berencana maju dalam Pilkada 2024, menyatakan bahwa akan ada kajian-kajian untuk menemukan solusi terbaik. “Bisa jadi kita akan membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau melakukan pengolahan sampah,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa pengolahan sampah bisa dilakukan di tempat atau di TPA, atau bahkan oleh masyarakat itu sendiri. 

“Kabupaten Agam masih memiliki banyak lahan di belakang rumah. Sampah bisa diolah atau dibuatkan lubang. Mungkin nanti, bagi masyarakat yang bersedia mengolah sampah, kita akan memberikan insentif. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah penumpukan sampah,” tambahnya.

Benni juga menyinggung bahwa sampah plastik mungkin bisa diolah lebih lanjut. Menurutnya, dengan luasnya lahan di Agam, tidak seharusnya sampah dibuang ke daerah tetangga. "Tergantung niat kita. Jika kita bersungguh-sungguh, pasti bisa kita wujudkan,” tegasnya.

Sebagai Bakal Calon Bupati Agam, Benni Warlis yang bergelar Dt. Tan Batuah, akan maju dari PKS akan berpasangan dengan Iqbal mantan anggota DPR RI, saat ini sudah di dukung oleh dua partai, PKS dan PPP.

Lebih lanjut, Benni menyatakan bahwa masalah kemacetan tidak hanya di Padang Luar, tapi juga di Koto Baru. "Sebelumnya, saya pernah mengatasi masalah kemacetan di Pasar Ibuh, Payakumbuh, ketika saya masih bertugas di Dinas Pertanian Payakumbuh. Dengan strategi yang tepat, kemacetan di area pasar berhasil diatasi," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan rencana untuk membuat beberapa gudang atau tempat penampungan khusus di Pasar Padang Luar dan Koto Baru. Dengan langkah-langkah strategis yang tepat, diharapkan petani tidak kehilangan tempat untuk menjual hasil panennya.
Anggota DPRD Agam Terpilih  dari Fraksi PKS, H. Ilham Lc., M.A.

Sementara itu, Ilham, anggota DPRD Agam dari Fraksi PKS yang terpilih dalam Pileg 2024 dan juga hadir dalam pertemuan tersebut, menyampaikan pandangannya. Ia menekankan pentingnya anggota dewan menjadi lembaga yang terhormat dan bertanggung jawab kepada masyarakat dan kepada Allah SWT.

Terkait dengan pencalonan Benni Warlis, Ilham mengajak masyarakat untuk mendukung Benni Warlis sebagai Bupati Agam dalam Pilkada 2024 mendatang. "Dengan pasangan beliau, Bapak Iqbal, kami yakin mereka bisa membangun Agam ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -