24 C
id

BPJS Online, Mempermudah Akses Pelayanan Administrasi JKN di Nagari Tigo Koto Silungkang.

Agam, Matajurnalist.com_ BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dengan meluncurkan program terbaru, BPJS Online. 

Program ini bertujuan untuk mempermudah akses dan memperluas jangkauan layanan kesehatan, memungkinkan peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan secara daring. Layanan ini mencakup pendaftaran, pengaduan, hingga perubahan faskes, dan kini telah hadir di Nagari Tigo Koto Silungkang sejak Rabu (05/09/2024)

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, menjelaskan bahwa saat ini terdapat lima keluraha atau Nagari yang telah menjalin kerjasama dalam program BPJS Online di wilayah kerjanya.

Lima nagari tersebut tersebar di Kabupaten Agam (2 nagari), Kabupaten Pasaman (1 nagari), dan Kabupaten Pasaman Barat (2 nagari). Haris menambahkan bahwa dalam waktu dekat kemungkinan akan ada penambahan dua nagari lagi di Kabupaten Agam.

Haris juga mengungkapkan bahwa Nagari Tigo Koto Silungkang sedang dalam proses penandatanganan kerjasama BPJS Online. 

"BPJS Online di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Agam, alhamdulillah telah berjalan sejak hari Rabu lalu. Setelah penandatanganan kerjasama, kami segera melaksanakan uji coba dan evaluasi. Kami berharap pelayanan ini dapat terus ditingkatkan dan dijadwalkan dengan baik ke depannya," ujarnya.

Haris juga menekankan bahwa BPJS Online merupakan salah satu saluran layanan non-tatap muka dari BPJS Kesehatan yang mendukung kebutuhan masyarakat di era digital ini. 

"Kami memiliki berbagai kanal layanan, baik tatap muka seperti di Kantor BPJS Kesehatan Cabang/kabupaten/kota, Mal Pelayanan Publik, dan BPJS Keliling, maupun non-tatap muka seperti Aplikasi Mobile JKN, Whatsapp Pandawa, layanan Care Center 165, dan kini BPJS Online," jelas Haris.

Haris mendorong masyarakat, terutama di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, untuk memanfaatkan layanan non-tatap muka. 

"Era digitalisasi mempermudah akses layanan, terutama bagi mereka yang terkendala waktu atau jarak. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan non-tatap muka ini untuk memperoleh kemudahan dan solusi atas kendala yang dihadapi," tuturnya.

Sementara itu, Walinagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra, menyatakan dukungannya terhadap program BPJS Online. "Kami sangat mendukung kehadiran BPJS Online di Nagari Tigo Koto Silungkang. Program ini sangat membantu dalam menangani kendala layanan kesehatan di daerah kami, terutama karena jarak kami yang cukup jauh dari kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Agam," ujar Doni.

Doni juga merasa bangga karena Nagari Tigo Koto Silungkang menjadi salah satu pionir dalam penerapan BPJS Online di Kabupaten Agam. 

"Kami adalah nagari kedua setelah Nagari Duo Koto yang menghadirkan layanan BPJS Online di kantor Walinagari. Ini merupakan langkah positif yang kami ambil berdasarkan masukan dari masyarakat. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk memenuhi harapan masyarakat," tutupnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -