24 C
id

Dalam Suasana Maulid Nabi, LAN Limapuluh Kota Sosialisasikan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika di Maek

 

Wakil Ketua III LAN Limapuluh Kota, Drs. H. Jayusman, M. M. Pd. Dt. Majo Sampono Junjungan menjadi pembina upacara di SMAN 2 Bukit Barisan pada Senin, 23 September 2024

Limapuluh Kota, MataJurnalist.Com- Dalam rangka mengedukasi masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan Narkotika, LAN (Lembaga Anti Narkotika) Limapuluh Kota melaksanakan program penyuluhan terhadap pelajar di SMA Negeri 2 Bukit Barisan, jorong Ronah nagari Maek, kecamatan Bukik Barisan kabupaten Limapuluh Kota.

Hadir ketika itu camat Bukit Barisan Faizil Azis, S.IP, M.SI. Kepala SMAN 2 Bukit Barisan Sudirman S.Pd, Majelis guru, murid-murid, Ketua LAN Limapuluh Kota bapak Bahagia Rasyad, S. Sos., M. Si. Dt. Rajo Nan Sati, Wakil Ketua II LAN Limapuluh Kota Aiptu Haris Afrando, Wakil Ketua III Drs. H. Jayusman, M. M. Pd. Dt. Majo Sampono Junjungan, ketua bidang Penyuluhan Aprisol, S.Pd. Qori dan Malin Parmato.

Bertindak sebagai inspektur upacara Buya H. Jayusman. Dalam penyampaiannya ia mengatakan "Terima kasih kami ucapkan kepada Kepala Sekolah. Pada peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia yang akan jatuh pada tahun 2045, kita harus mempersiapkan generasi yang mandiri dan tidak bergantung pada negara lain. Generasi ini harus dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan perkembangan zaman, serta memiliki karakter yang kuat dan berintegritas. Pendidikan yang berkualitas dan inklusif menjadi kunci utama dalam mencetak generasi penerus yang mampu bersaing di kancah global. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa Indonesia akan terus maju dan berkembang sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

Sesuai dengan alinea ke-4 UUD 45, yaitu ikut menjaga ketertiban dunia, kalian adalah generasi emas yang cerdas. Ada tiga jenis kecerdasan yang harus kalian miliki: kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Jauhkan diri dari narkotika, LGBT, dan minuman memabukkan. Bagaimana ke depannya kita bisa menjadi tuan di negeri sendiri, kita nanti yang menjadi penentu.

Kata Camat, selama 5 bulan bertugas, ini adalah kunjungan kedua kami ke Maek. Sudah 5 tahun berdirinya LAN di Limapuluh Kota, yang isinya orang-orang hebat, kami baru tahu. Saya berpesan kepada murid-murid, jangan pernah mencoba narkoba.

Wakil Ketua II LAN Limapuluh Kota Aiptu Haris Afrando dalam penyampaian materinya

Pada sesi sosialisasi, wakil Ketua II LAN Limapuluh Kota Aiptu Haris Afrando dalam penyampaian materinya mengatakan "Tugas LAN adalah untuk menjaga bagaimana masyarakat tidak tersangkut oleh Narkotika. Kami mengajak keluarga besar SMAN 2 ini untuk bersinar (Bersih dari Narkoba) Narkoba ini akan merusak harkat dan martabat seluruh masyarakat, kita akan dibuat ketergantungan dan di akhir hayat kita menjadi merugi."

"Bahwa sekarang ini Narkotika ini lebih populer di kampung daripada di kota. Narkotika ini banyak variannya. Ada diantaranya yang berbahaya, namun belum diatur undang-undang, yaitu seperti kegiatan menyimpang menghisap Lem dan sebagainya."

"Untuk selanjutnya kami siap untuk berdiskusi dengan adik-adik semua mengenai bahaya dan pencegahan Narkotika ini. Kami berharap adik-adik bisa menjadi agen pemberantasan peredaran Narkotika ini. Jadi, banyak dampak negatifnya dari Narkotika ini, ada menjadi bebeban ekonomi, beban sosial dan beban psikologi, menjadi beban bagi keluarga, bagi masyarakat."

"Bila ada pencandu, laporkan kepada kami, kami akan membantu, gratis, tidak dipungut biaya, itu salah satu MOU kami untuk menfasilitasi masyarakat dari Bahaya Narkotika dengan BNN."

Pewarta: F. Malin Parmato


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -