24 C
id

Diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 di Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi meningkat.

Bukittinggi Matajurnalist.com_ Partisipasi masyarakat dalam Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) diharapkan dapat meningkat signifikan, bahkan mencapai di atas 80 persen. Hal ini disampaikan oleh Camat ABTB, Hastine Atas Asih, dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang diadakan pada Kamis (5/9/2024) di sebuah hotel berbintang di Bukittinggi oleh Bawaslu, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) ABTB Kota Bukittinggi.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Panwascam ABTB Kota Bukittinggi, M Akmal, Camat Hastine Atas Asih, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Panwascam ABTB, Dian Pranata Wijaya, serta Koordinator Sekretariat, Yusril. Selain itu, hadir pula LKAAM, KNPI, Ketua Karang Taruna, Ketua KAN Aur Birugo, KAN Tigo Baleh, RW, dan LPM se-Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi.

Camat Hastine Atas Asih menekankan pentingnya peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. Pada Pileg kemaren, partisipasi masyarakat mencapai 78 persen, namun saat pemilihan ulang (PSU), tingkat DPD,  angka partisipasi menurun drastis menjadi 28 persen. 

“Kami berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada mendatang dapat meningkat. Idealnya, kami ingin angka partisipasi di ABTB mencapai lebih dari 80 persen. Suksesnya pelaksanaan pemilu tergantung pada peran aktif masyarakat dalam berpolitik dan menggunakan hak suara mereka di bilik suara,” ungkap Hastine.

Dia menambahkan bahwa pemilu memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam politik. 

“Menurut Perbawaslu No. 2 Tahun 2023 tentang pengawasan partisipatif, semua pihak harus terlibat langsung dalam pengawasan pemilu. RT dan RW harus tidak hanya mengawasi, tetapi juga mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan tidak golput. Setiap suara sangat berpengaruh dalam menentukan pemimpin ke depan,” tegasnya.
Camat Hastine juga mengingatkan agar LPM, RT, dan RW tetap menjaga kondisi kondusif selama Pilkada. 

“Tujuan kita adalah menjaga agar wilayah ABTB tetap kondusif. Mari berikan informasi kepada kerabat dan masyarakat agar tidak golput. Jika ada ketimpangan atau pelanggaran di lapangan, segera hubungi Bawaslu atau petugas terkait,” tambahnya.

Ketua Panwascam ABTB Kota Bukittinggi, M Akmal, didampingi oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Dian Pranata Wijaya, serta Koordinator Sekretariat Yusril, Ia berharap agar semua peserta sosialisasi dapat menjadi duta pengawasan di masyarakat.

 “Kami berharap para peserta dapat menyebarkan informasi dan turut serta dalam pengawasan, serta mendorong partisipasi masyarakat agar Pilkada dapat berjalan dengan baik,” ungkap M Akmal.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -