24 C
id

Hani Syopiar Rustam Dilantik Sebagai Pjs Wali Kota Bukittinggi.

Istimewa : Foto Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi, dengan  Pjs Wali Kota Bukittinggi, Hani Syopiar, saat pelantikan pada Selasa, (24/9/2024).

Bukittinggi, Matajurnalist.com_Hani Syopiar Rustam resmi dilantik sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bukittinggi, dengan masa jabatan mulai dari 25 September 2024 hingga 25 November 2024. Pelantikan ini menandai langkah penting dalam transisi kepemimpinan sementara di kota yang menjadi salah satu pusat pemerintahan dan pariwisata di Sumatra Barat.

Sebelum menduduki posisi ini, Hani Syopiar Rustam menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Pengalaman kepemimpinannya juga mencakup tugas sebagai Pj Bupati Banyuasin, Sumatra Selatan, pada tahun 2023, yang semakin memperkuat rekam jejaknya dalam bidang pemerintahan daerah.

Pelantikan Hani sebagai Pjs Wali Kota Bukittinggi dilakukan oleh Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi, di Auditorium Istana Gubernur pada Selasa, (25/9/2024). Selain Hani, delapan penjabat sementara kepala daerah kabupaten/kota lainnya di Sumatra Barat juga dilantik pada kesempatan yang sama.

Dalam acara tersebut, Mahyeldi turut menyerahkan tugasnya sebagai Gubernur kepada Wakil Gubernur Audy Joinaldy, yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumbar hingga 25 November 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menegaskan pentingnya para Pjs Bupati/Wali Kota untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme. Ia juga menekankan perlunya membangkitkan semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah masing-masing agar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
“Kami mengucapkan selamat bertugas kepada para penjabat sementara. Harapannya, Anda semua bisa menjalankan tugas dengan baik, serta memotivasi para ASN untuk terus memberikan kinerja yang optimal bagi masyarakat. Dalam konteks Pilkada, Pjs juga harus memastikan netralitas ASN tetap terjaga dan tidak terlibat dalam politik praktis selama tahapan Pilkada berlangsung,” ujar Mahyeldi.

Hani Syopiar Rustam memiliki latar belakang karier yang panjang dan beragam di Kementerian Dalam Negeri. Sebelum dilantik sebagai Pjs Wali Kota Bukittinggi, ia pernah menjabat sebagai Kasubdit Urusan Pemerintahan Daerah pada Ditjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri pada Mei 2013 hingga Agustus 2015. Ia kemudian menjabat sebagai Kasubdit Fasilitasi Pelayanan Umum di Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Kemendagri dari Agustus 2015 hingga Januari 2018, dan Kabag Monitoring dan Evaluasi serta Perencanaan dan Keuangan di Biro Perencanaan Setjen Kemendagri pada Januari 2018 hingga Februari 2019. Pada Desember 2018 hingga Februari 2019, Hani juga ditunjuk sebagai Plt Kepala Biro Perencanaan Setjen Kemendagri.

Dengan pengalaman yang begitu kaya, Hani Syopiar Rustam diharapkan mampu menjalankan amanah sebagai Pjs Wali Kota Bukittinggi dengan baik, memastikan roda pemerintahan tetap berjalan lancar selama masa transisi ini. ***

Pewarta: rel/sutan mudo
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -