24 C
id

Penekanan Pentingnya Independensi dan Netralitas dalam Pemutakhiran Data Pemilih di Tanah Datar.

Tanah Datar Matajurnalist.com_ Independensi dan Netralitas dalam Pemutakhiran Data Pemilih di Tanah Datar. "Panwascam harus fokus pada tugas tanpa mencari popularitas. Jaga independensi, netralitas, dan proporsionalitas," tegas ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Tanah Datar, Arwin, M.Pd, dalam materinya pada Rapat Koordinasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih pada hari Rabu (4/9/2024) siang, di Aula KAN Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru Tanah Datar.

Kegiatan dihadiri oleh Pengawas Kelurahan/Desa se-Kecamatan Tanjung Baru. Dalam kesempatan tersebut, Arwin juga menggarisbawahi tantangan besar dalam pemutakhiran data pemilih saat ini, yaitu kurangnya antusiasme masyarakat dalam mengawasi dan menanggapi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah disebarluaskan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di nagari-nagari. Minimnya tanggapan dan masukan dari masyarakat berpotensi menghambat proses pemutakhiran data.

Pada saat itu, Arwin menekankan pentingnya peran aktif penyelenggara pemilu dalam melakukan sosialisasi mengenai pemutakhiran data pemilih. Data pemilih yang akurat merupakan salah satu aspek krusial yang bisa menjadi bahan gugatan dalam sengketa proses pilkada 2024 mendatang. Oleh karena itu, upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses ini sangat diperlukan, tutupnya.

Pewarta: Anton

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -