24 C
id

Pengenalan Budaya Melalui Kegiatan Belajar Bersama di Museum Rumah Adat Nan Baanjuang.

Bukittinggi, Matajurnalist.com_ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, melalui Bidang Kebudayaan, pada hari Senin (9/9/2024) menyelenggarakan kegiatan Belajar Bersama di Museum (BBM) 2024. Acara berlangsung selama dua hari, pada tanggal 9 dan 10 September, di Museum Rumah Adat Nan Baanjuang, Kompleks TMSBK Bukittinggi.

Kegiatan BBM 2024 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan, H. Heru Triastanawa, S.Pd.I., M.Pd. Acara tersebut juga didampingi oleh Pamong Budaya, Beta Ayu Listiyorini, S.S., dan menghadirkan narasumber dari Kemendikbudristek, yaitu Vici Zal Vista, S.Pd, serta Pamong Budaya Ahli Muda BPK Wilayah III, Silvia Devi, S.Sos., M.Si.

Acara ini diikuti oleh murid-murid dari kelas 5 SD sederajat di Kota Bukittinggi, yang dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing sesi terdiri dari 8 kelompok. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan museum dan mendorong sekolah untuk melakukan kunjungan rutin ke museum serta mengedukasi siswa mengenai museum di sekolah mereka.

H. Heru Triastanawa menyampaikan, "Banyak ilmu yang bisa didapatkan oleh anak-anak, khususnya para murid SD yang hadir kali ini. Kegiatan ini bukan hanya sekadar bermain, melainkan merupakan kesempatan belajar di Museum Rumah Adat Nan Baanjuang yang telah berdiri sejak 1935. Peserta diharapkan mengikuti pembelajaran dengan serius."

Selama kunjungan, berbagai koleksi di Museum Rumah Adat Nan Baanjuang diperkenalkan, dengan fokus pada budaya Minangkabau di Kota Bukittinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan kebanggaan terhadap budaya sendiri.

Peserta juga diingatkan untuk menjaga kebersihan selama kunjungan ke museum. Selain itu, pada tanggal 11 dan 12 September 2024, peserta akan melanjutkan kegiatan dengan Museum Tour ke Museum Istano Basa Pagaruyung dan Pusat Informasi Cagar Budaya.***

Pewarta Sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -