24 C
id

Rabies Merupakan Penyakit Yang Sangat Berbahaya.

Agam Matajurnalist.com_Rabies merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Zoonosis Kemenkes Republik Indonesia, dr. Yullita Evarini Yuzwar, MARS saat kegiatan  Gerakan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian zoonasis Tahap 2, Direktorat Jenderal pencegahan dan pengendalian penyakit dengan mitra kerja komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama SE, M.M pada hari Sabtu (21/9/2024) bertempat di Pasar Pasia Laweh, Nagari Palupuah, Kabupaten Agam.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Tim Kerja Zoonosis Kemenkes RI, dr. Yullita Evarini Yuzwar, MARS, serta pejabat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Agam. Moderator Hary Hardian Putra, SKM, M.Epid, serta camat dan kepala keamanan setempat juga hadir.

Kali ini, Ade Rezki tidak dapat hadir karena mempersiapkan pelantikan anggota DPR RI, namun menyampaikan harapan agar kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Nagari Pasiah Laweh. Ia menyampaikan permohonan maaf melalui video yang disaksikan langsung oleh para peserta kegiatan. 

Dalam pesannya, Ade Rezki berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Nagari Pasiah Laweh Palupuah, Kabupaten Agam.

Sambutan Tuan Rumah Walinagari Pasia Laweh
Zul Arfin, mengucapkan  terima kasih kepada semua yang hadir dalam acara penting ini. "Hari ini, kita berkumpul untuk membahas isu krusial yang mempengaruhi kesehatan masyarakat kita, yaitu zoonosis," ucapnya.

Zoonosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Dalam konteks daerah kita, penting untuk memahami bagaimana cara mencegah penyebaran penyakit ini dan menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

"Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga kesehatan lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit. Dengan pengetahuan yang tepat, kita dapat melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Kerja Zoonosis Kemenkes Republik Indonesia, dr. Yullita Evarini Yuzwar, MARS mengatakan, Rabies merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Hewan yang terinfeksi menunjukkan tanda-tanda seperti takut terhadap udara, air, dan suara, serta dapat mengeluarkan air liur berlebih.

Penanganan awal sangat penting, segera cuci luka dengan air dan sabun, keringkan, lalu bawa ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Risiko penularan rabies sangat tinggi bagi pemilik anjing. Oleh karena itu, mari kita jaga dengan baik kesehatan hewan peliharaan kita dan pastikan mereka mendapatkan vaksinasi yang diperlukan, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -