24 C
id

Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Unand Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Toga Bersama Masyarakat Batu Busuk

Pelatihan pembuatan jamu Toga di Kampung Batu Busuk pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Padang, MataJurnalist.Com - Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Universitas Andalas sukses menggelar pelatihan pembuatan jamu Toga bersama masyarakat Kampung Batu Busuk pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Acara ini menghadirkan narasumber ahli, apt. Nova Syafni S.Farm, M.Farm, Ph.D., serta diikuti dengan antusias oleh warga. Pelatihan yang berfokus pada pembuatan serbuk "Wedang Jahe" ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan potensi tanaman obat keluarga (Toga) untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga secara mandiri.

Pelatihan pembuatan jamu Toga di Kampung Batu Busuk pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Pengamatan di lokasi kegiatan, acara terlaksana dengan sukses dan berjalan dengan lancar, serta tampak dari antusias masyarakat  yang aktif bertanya perihal pembuatan jamu Toga. Banyak dari masyarakat  yang mengaku belum terlalu paham akan pembuatan mendalam tentang jamu Toga. Peserta mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir dari proses pembuatan jamu Wedang Jahe berbentuk serbuk.

Setelah sekitar 2 jam melakukan pelatihan pembuatan jamu kemudian hasilnya berupa serbuk jahe. Kemudian Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Unand dan masyarakat meyeduh hasil buatan  jamu toga yang dibuat pada saat pelatihan. Menikmati minuman wedang jahe secara bersama-sama.


Masyarakat memberikan tanggapan perihal minuman wedang jahe tersebut, “hangat, sedikit manis dan enak sekali” ucap masyarakat. Tampak dari ekspresi wajah masyarakat yang sangat menyukai hasil dari pelatihan pembuatan jamu toga itu.

Semoga dengan adanya pelatihan pembuatan jamu toga bisa sangat membantu masyarakat. “ternyata gampang juga membuat jamunya ya, serta bahan-bahanya juga gampang didapatkan, bahannya juga bisa ditanam dihalaman rumah sendiri” ucap salah satu masyarakat yang mengahadiri pelatihan pembuatan jamu toga.

Bagi mereka  yang paling penting bisa dipraktekkan cara pembuatannya dirumah masing-masing. Masyarakat juga menunjukkan minat untuk memanfaatkan hasil pelatihan untuk memulai usaha kecil-kecilan dalam pembuatan jamu yang dapat dijual di pasar nantinya. Dan pengembangan kreatifitas masayarakat Batu Busuk terutama ibu-ibunya.

Serbuk wedang jahe, hasil dari pelatihan pembuatan jamu toga tersebut diberikan kepada setiap peserta untuk dinikmati dirumah masing-masing.

Tak hanya itu Tim PPK UKM Penaran Unand juga mengadakan doorprize hadiah setelah melakukan pelatihan pembuatan jamu, dan masyarakat sangat bersemangant untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar pembuatan jamu itu.

Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Universitas Andalas

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Universitas Andalas untuk pemberdayaan masyarakat melalui pemberian ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Sebagai bentuk upaya peningkatan kesehatan keluarga mandiri terutama bagi masyarakat  Batu Busuk tersebut.

Pelatihan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Unand dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Keberhasilan pelatihan ini tidak hanya terletak pada peningkatan keterampilan teknis, tetapi juga pada kemampuan masyarakat untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Nantinya bisa mendatangkan lapangan perkerjaan yang dapat membantu perekonomian masyarakat serta potensi mereka dalam mengembangkan usaha. Dimana melimpahnya potensi toga dan pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan Toga, diharapkan nantinya bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Kontributor: Mutia Radia (Tim PPK ORMAWA UKM Penalaran Unand).

Editor: F. MalinParmato


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -