24 C
id

Sosialisasi Organisasi Pengawas Pemilu di Bukittinggi, Bawaslu Libatkan Stakeholder Perguruan Tinggi dan Media.

Bukittinggi Matajurnalist.com_ Dalam rangka memperkuat pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyelenggarakan kegiatan bertajuk "Sosialisasi Organisasi Pengawas Pemilu Bagi Stakeholder Pemilu". 

Acara berlangsung pada Selasa, (8 /10/2024), di The Balcone Hotel dan Resort Bukittinggi, Jalan Raya Bukittinggi Medan KM 7, Padang Hijau, Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Bawaslu Kota Bukittinggi, serta melibatkan berbagai organisasi pendidikan di perguruan tinggi yang ada di Bukittinggi. Selain itu, sejumlah media lokal juga turut hadir untuk meliput acara tersebut.

Dalam sosialisasi pada saat itu, beberapa narasumber ahli dihadirkan untuk membahas isu-isu strategis dalam pengawasan Pemilu. Tenaga Ahli Divisi SDMO Bawaslu Provinsi, Kabupaten, dan Kota, Heru Permana Putra, menyampaikan materi tentang "Urgensi Pelibatan Perguruan Tinggi dalam Optimalisasi Kerja Kelembagaan Bawaslu". 

Menurutnya, keterlibatan akademisi sangat penting untuk memperkuat kelembagaan pengawasan Pemilu, terutama dalam mendukung transparansi dan integritas proses pemilihan.

Selanjutnya, Robby Repi sebagai narasumber lainnya, memberikan paparan terkait "Etika Pengawas Pemilu dan Kebutuhan Penguatan Organisasi Pengawas Pemilu". 

Pada kesempatan itu, Ia menekankan pentingnya menjaga integritas dan etika dalam menjalankan tugas pengawasan, mengingat peran strategis Bawaslu dalam memastikan Pemilu berjalan jujur dan adil.
Narasumber lain yang turut hadir, Fentje Bawengan, memaparkan materi tentang "Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilu". Ia menyoroti bagaimana hubungan kerja antara Bawaslu dengan berbagai stakeholder, seperti pemerintah, organisasi masyarakat, dan media, harus berjalan harmonis dan sinergis demi kelancaran tugas pengawasan, katanya.

Selain itu, Dr. Allen Manongko juga memberikan pembinaan kepada para aparatur pengawas Pemilu. Ia membahas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam penguatan kelembagaan pengawasan Pemilu. Materi ini menjadi sangat relevan mengingat semakin kompleksnya dinamika politik dan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, Bawaslu berupaya memperluas keterlibatan berbagai pihak dalam pengawasan Pemilu, sehingga dapat memastikan proses demokrasi di Tanah Air berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip yang jujur, adil, dan transparan, pungkasnya.***

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -