24 C
id

Workshop Jurnalistik LPM Al-Itqan, Mengasah Kemampuan Menulis di Era Digital.

Foto Bersama saat usai pembukaan oleh Pembina LPM Al-Itqan UIN 

Bukittinggi Matajurnalist.com_Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Itqan, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, pada Sabtu (5/10/2024), adakan Workshop Jurnalistik dengan tema "Dasar-Dasar dan Teknik Penulisan Berita dan Artikel di Platform Media Digital"

Acara ini menghadirkan dua narasumber, yakni Roni Novendra, S.Sos, wartawan dari Rakyat Sumbar juga salah seorang  Pimpinan Portal Online Matajurnalist.com yang mengisi sesi pertama, dan Survio Dilla, A.Md, S.Sos, M.M, seorang penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi, yang membawakan sesi kedua. LPM Al-Itqan, yang dilaksanakan di gedung S itu dalam rangka mengasah Kemampuan Menulis di Era Digital.

Pembukaan acara awalnya dijadwalkan akan dilakukan oleh Wakil Rektor III, Edi Rosman, S.Ag., M.Hum. Namun, karena sedang bertugas di luar, pembukaan dilakukan oleh Pembina LPM Al-Itqan, Fajri Ahmad, M.Sos, didampingi oleh Pimpinan Umum LPM Al-Itqan, Qadri Hayatul Muhammad, serta Ketua Panitia Workshop, Ceria Meireivs Nadhea Ds.

Dalam sambutannya, Fajri Ahmad mengatakan Workshop ini  bertema "Dasar-Dasar dan Teknik Penulisan Berita dan Artikel di Platform Media Digital" dengan tujuan memperdalam pengetahuan jurnalistik mahasiswa, terutama dalam penulisan berita di era digital. 

Roni Novendra, memaparkan Materi di depan peserta.

Para peserta terdiri dari mahasiswa semester I, III, dan V yang ingin mengasah kemampuan menulis di media digital yang terus berkembang, ucapnya.

Kemudian Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan menulis para peserta, sekaligus membantu mereka beradaptasi dengan perubahan dinamis di dunia media digital. Ia juga menyinggung tentang kebijakan baru terkait penyelesaian studi, di mana skripsi sebagai syarat kelulusan akan digantikan dengan penulisan artikel ilmiah dan jurnal.

 "Semoga workshop ini bisa menjadi dasar bagi kalian dalam menghadapi persyaratan tersebut," ujar Fajri.

Ketua Umum LPM Al-Itqan, Qadri Hayatul Muhammad, menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru tentang dunia jurnalistik, serta memunculkan ide-ide inovatif yang bisa mengembangkan LPM ke depan. 

"Kami berharap LPM terus memberikan kontribusi yang positif bagi lembaga dan mahasiswa," katanya.

Dalam pemaparan materinya, Roni Novendra menyampaikan pentingnya memahami dasar-dasar jurnalistik, terutama di era digitalisasi. Menurutnya, kemampuan menyampaikan informasi yang tepat dan etis sangat penting agar tidak melanggar hukum.

 "Kita bisa menyampaikan berita dengan benar, sesuai fakta, Seimbang, dan tidak memihak dengan terutama di media digital yang bisa dengan cepat diakses oleh publik," jelas Roni
Pemateri dikasih sertifikat oleh LPM Al-Itqan UIN 

Ia juga mendukung perubahan kebijakan terkait penulisan skripsi yang digantikan dengan artikel dan jurnal, menganggap bahwa ini merupakan peluang bagi mahasiswa untuk lebih mendalami dunia penulisan ilmiah. 

"Dengan materi yang diberikan di workshop ini, saya harap peserta yang hadir bisa menjadikannya sebagai pondasi dalam menyelesaikan studi nantinya," pungkas  Roni Novendra.
Pengunjung kegiatan Roni Novendra memberikan 3 buah tripod, 2 buah untuk peserta yang bisa menjawab  pertanyaan yang di berikan,  dan 1 lagi untuk LPM Al-Itqan UIN.

Pewarta : sutan mudo 
Postingan Lama Tak ada hasil yang ditemukan
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

- Advertisment -